Sukses

Konsumsi Obat Saat Hamil

11 Nov 2018, 19:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Siang dok, saya hamil 29 Minggu. Kira2 saat saya hamil 6 Minggu saya prnh minum obat antibiotik, cataflam, dan obat gatal. Saat itu saya tidak tahu kl saya sedang hamil. Yg ingin saya tanyakan apakah masih ada kemungkinan kehamilan dan anak saya sehat dok. Karena saya takut berdampak pada perkembangan kehamilan saya dok.mohon jawaban dan penjelasan yg sejelas2 nya dok.ini sangat membebani saya n skrg saya dalam ketakutan. Trmikasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter di Klikdokter.com

Halo!

Tidak semua obat aman dikonsumsi saat hamil. Oleh karena itu disarankan berhati-hati dalam mengkonsumsi obat semasa hamil, dan saat anda sedang berusaha hamil. Untuk obat yang anda konsumsi, kami membutuhkan data tambahan untuk jenis antibiotik dan obat gatalnya.

Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Cataflam D Tablet kedalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Cataflam D Tablet. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Saat ini anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sesuai dengan saran dari dokter anda, untuk memantau kesehatan anda dan janin.   

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar