Sukses

Imunisasi PCV
10 Nov 2018, 20:21 WIB
Wanita, 29 tahun.

Hallo Dok, jika anak sudah umur 3 thn ke atas tapi blm vaksin PCV apa masih efektif jika sya ttap ingin membrikn vaksin tsb pada ank sya, mnrt bbrp dokter masih prlu cmn skli, ad jg dokter yg mngtakan tdk efektf jd tdk prlu lg, knpa bgtu Dok?? pndpt stiap dkter ad yg berbeda, kita org awam jd bngung, lalu jika prlu jnis strain pcv ap yg efktf, jika yg dgunakn pcv10 ap msh efktf mski cmn skli

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ya, imunisasi PCV dapat diberikan pada anak usia 12 bulan ke atas. Untuk usia 12-23 bulan, diberikan 2 dosis dengan jarak paling sedikit 2 bulan.

Pada anak di negara 4 musim (terutama musim dingin), anak yang sering dititipkan di tempat penitipan anak dan anak yang tidak mendapatkan ASI memang terjadi peningkatan risiko mendapatkan infeksi oleh kuman pneumokokus invasif.

Di Indonesia sendiri, terutama memang imunisasi PCV direkomendasikan bagi anak di atas 2 bulan yang memiliki risiko tinggi terkena infeksi penumokokus ini, seperti: memiliki penyakit HIV, keganasan, penyakit jantung kronis, penyakit paru atau ginjal kronis, penyakit kelainan darah, diabetes.

Selain itu juga direkomendasikan untuk anak yang tinggal di rumah yang huniannya padat, lingkungan merokok, di panti asuhan dan sering terserang penyakit telinga (otitis media akut).

Namun, semua anak sehat di atas 2 bulan sampai 2 tahun tetap boleh mendapatkan imunisasi ini untuk mendapatkan perlindungan terhadap infeksi pneumokokus invasif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar