Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Seputar Tes DNA
10 Nov 2018, 16:24 WIB
Wanita, 23 tahun.

Sore Dok, Saya mau nanya masalah janin, Saya hamil diluar nikah, saya hamil di Luar negeri dengan si A, saya pulang usia janin saya 4 bulan, trus saya Hubungan intim Dengan Calon suami saya Si B, Kira-kira kalau di Tes DNA adakah Darah Daging Si B, saya bingung Dok...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar tes DNA menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali Anda tidak menyebutkan secara rinic apakah mengenai waktu berhubungan intim Anda dengan A dan B kapan. Yang pasti jika Anda sudah terlanjur hamil 4 bulan dengan A, baru kemudian Anda berhubungan intim dengan calon suami Anda si B, maka materi genetik calon bayi Anda adalah milik A dan Anda. Jika sudah terbentuk janin, Anda berhubungan intim dengan siapapun juga tidak akan mempengaruhi materi genetik yang sudah terlanjur terbentuk di calon bayi Anda. Jadi jika sebelum terjadi kehamilan ini, Anda hanya berhubungan intim dengan A saja dan baru berhubungan intim dengan B setelah hamil, sudah bisa dipastikan hasil dari tes DNA nanti adalah anak dari A. 

DNA adalah materi genetik yang membawa informasi yang dapat diturunkan. Di dalam sel manusia DNA dapat ditemukan di dalam inti sel dan di dalam mitokondria. Tes DNA dilakukan dengan berbagai alasan seperti persoalan pribadi dan hukum antara lain: tunjangan anak, perwalian anak, adopsi, imigrasi, warisan dan masalah forensik. Tes DNA dilakukan dengan mengambil sampel biologis seperti buccal swab (usapan mulut pada pipi sebelah dalam), darah, rambut beserta akarnya, walaupun lebih dipilih penggunaan darah dalam tabung (sebanyak 2ml) sebagai sumber DNA.

Selain itu tes DNA juga dapat dilakukan untuk tes maternitas dan tes paternitas. Tes paternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak. Tes maternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang wanita adalah ibu biologis dari seorang anak. Identifikasi DNA untuk tes paternitas dilakukan dengan menganalisa pola DNA menggunakan marka STR (short tandem repeat).

Jika dikerjakan dengan standar operasi prosedur yang sistematis tepat dan benar. Tes DNA memberikan hasil lebih dari 99,99 persen probabilitas akurat. Namun proses tes DNA ini memerlukan waktu. Pada jasa penyedia tes DNA umumnya mengusulkan kompensasi waktu 3 (tiga) hingga 7 (tujuh) hari. Pada kondisi melangsungkan tes DNA dengan menggunakan alat canggih pun setidaknya memerlukan proses waktu beberapa jam untuk melaksanakan penahapan dengan cermat dan sistematis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tes DNA. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar