Sukses

Hasil Laju Endap Darah
10 Nov 2018, 09:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau bertanya. Saya melakukan MCU di bio medika untuk melamar di perusahaan. Ternyata hari Laju endapan darah saya meningkat. Dan saya di nyatakan unfit untuk bekerja. Dimana LED saya 22 dengan ketentuan 0-15. Kemudian HRD saya menyarankan untuk ke rs agar menanyakan apakah saya masih bisa bekerja atau tidak? Karena hasil mcu saya hanya upnormal di LED .lalu meminta agar di buatkan surat ketika sehat untuk rekomendasi ke perusahaan agar bisa bekerja. Apakah saya harus ke dokter bagian penyakit dalam untuk konsultasi atau bagaimana dok?

Terima kasih telah bertanya seputar laju endap darah (LED) menggunakan fitur KlikDokter.com

Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

·         Penyakit infeksi

·         Penyakit keganasan/kanker

·         Terjadi reaksi peradangan di tubuh

·         Pasien anemia/kurang darah

·         Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil, dll

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang.

Oleh sebab itu, karena tidak spesifik, segala bentuk peradangan pada tubuh baik adanya radang amandel ataupun infeksi paru dapat menyebabkan keluhan tersebut. Jika Anda memang sedang memiliki keluhan nyeri tenggorok, maka bisa saja LED meningkat karena hal tersebut. Hal ini perlu dikonfirmasi dengan hasil wawancara medis dan pemeriksaan fisik Anda. Karena sejatinya pemeriksaan penunjang hanyalah pemeriksaan tambahan untuk mendiagnosis suatu penyakit.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter tempat dimana anda melakukan MCU dan yang memeriksa anda agar dapat dibandingkan hasil pemeriksaan penunjang dengan wawancara serta pemeriksaan fisik Anda.

Demikian informasi seputar laju endap darah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar