Sukses

Sering Berpikiran Negatif
10 Nov 2018, 06:01 WIB
Pria, 20 tahun.

PertAnyaan sy masalah psikologi orang dok Ok. Ini saya mulai alami sejak saya masih kelas 2 smp suatu waktu sy bermasalah sama teman dan hampir berkelahi pada waktu itu, namun setelah kejadian itu sudah lewat saya selalu memikirkan hal tersebut, yg dipikiran yaitu kenapa tadi saya tidak memukulnya dan itu saya pikirkan tiap waktu.tanpa saya sadari ternyata itu mempengaruhi mindset sayaa dan membuat sy menjadi pribadi yg kurang pede dan selalu pesimis dan tidak produktif lagi. Ini saya alami sudah lima tahun dok, dan ini efeknya yg saya rasa sampe sekarang mudah tersinggung, selalu prasangka buruk kepada orang lain, selalu memikirkan hal2 negatif berlebihan yg kadang membuat kepala saya pusing dan berdampak pada kuaLitas tidur menjadi berkurang karena setiap kali mau tidur siang atau malam saya kesulitan untuk tidur nyenyak krena setiap mau tidur pasti ada saja pikiran yg aneh2 di kepala saya yang membuAt saya tidak langsung tertidur karena memikirkan hal aneh itu sampe berjam2 baru bisa tertidur. mata saya juga tidak segar dan agak kekuning kuningan dan membuat saya menjadi susah menambah massa tubuh dok. . Saya juga sering melakukan onani dari sejak kecil sampe sekarang. Apakah kebiasaan itu juga dapat mempengaruhi mental dan mindset kita dok. Tolong solusi untuk saya dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Memikirkan hal-hal negative terus menerus dapat membuat Anda menjadi kontraproduktif. Pada beberapa kasus, hal ini bahkan dapat menyebabkan depresi kronis.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa kiat berikut ini untuk membersihkan pikiran Anda dari pemikiran negatif:

  1. Ubah bahasa tubuhSelain dapat menyebabkan Anda kurang percaya diri, bahasa tubuh yang tidak baik juga dapat menurunkan citra diri Anda. Duduklah dengan tegak dan rajinlah untuk tersenyum. Jika bahasa tubuh sudah diperbaiki, percayalah, cara ini bisa menjauhkan Anda dari pikiran negatif.
  2. Bicaralah dengan orang lainPikiran negatif bisa muncul karena Anda memiliki emosi yang perlu untuk dikeluarkan. Jangan simpan semua masalah sendiri. Anda harus membicarakan masalah tersebut dengan orang lain. 
  3. Luangkan waktu satu menitBila pikiran berjalan terlalu cepat dan Anda sulit mengikutinya, cara terbaik untuk mengendalikannya adalah dengan melakukan meditasi. Atau ganti aktivitas Anda ke arah yang lebih positif.
  4. Nikmati minuman hangatPikiran negatif dapat terjadi karena berbagai alasan. Peneliti Yale menemukan bahwa orang akan mengingat sedikit perasaan negatif saat mengonsumsi sesuatu yang panas. 
  5. Mengubah situasiJika Anda terjebak di bandara selama beberapa jam, karena ada penerbangan yang dibatalkan, jangan memikirkan apa yang Anda lewatkan sebagai suatu musibah. Tapi lihatlah sebagai kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda. Atau Anda bisa menghubungi keluarga atau teman lama Anda. 
  6. MenulisMenurut sebuah studi di Ohio State University, Anda dapat menuliskan hal-hal negatif pada diri Anda di atas selembar kertas. Lalu buanglah catatan itu ke tempat sampah. Langkah ini dipercaya dapat memunculkan perasaan positif dan bisa membuat perbedaan dalam cara berpikir.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar