Sukses

Minum Obat Kadaluarsa
09 Nov 2018, 19:07 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dokter.. saya barusan terlanjur minum obat batuk yg sudah kadaluarsa.. saya seorang ibu menyusui, apa pengaruh pada ASI dan bayi saya? Bagaimana caranya agar obat yg sudah sy telan tidak membahayakan? Apa perlu saya minum air degan? Ada yang bilang kalau minum air degan setelah minum obat, obatny tdk akn bekerja.. terima kasih, mohon penjelasannya

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya mengenai pemakaian obat kadaluarsa melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebetulnya tanggal kadaluarsa pada beberapa jenis obat maupun makanan tidak selalu menjadi batas konsumsi. Best before yang menunjukkan batas suatu produk masih terjamin kualitasnya. Kualitas dan kandungannya akan turun melewati tanggal tersebut, namun belum tentu membahayakan kesehatan selama kemasan masih utuh.

Expired date digunakan untuk produk yang menyebabkan resiko kesehatan secara langsung ketika sudah melewati tanggal yang tercantum. Biasanya dicantumkan pada produk-produk yang mudah rusak dalam penyimpanan jangka panjang misalnya daging dan beberapa jenis keju.

Kami tidak merekomendasikan untuk menyimpan obat atau makanan apalagi mengkonsumsi obat dan makanan yang sudah lewat tanggal kadaluarsa. Obat, Makanan atau minuman kadaluarsa memiliki potensi untuk dimasuki bakteri apabila sudah lewat masa kadaluarsa.

Pada kasus Anda, Anda sudah terlanjur mengkonsumsi obat kadaluarsa. Perlu diperhatikan jenis konsistensinya apakah sudah mengental atau berubah warna. Jika belum berubah maka kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek samping. Lain halnya dengan makanan, jarak waktu setiap makanan berbeda-beda. makanan kaleng biasanya memiliki jarak waktu yang lebih lama setelah best before (bisa sampai beberapa bulan), sedangkan roti hanya boleh dikonsumsi maksimal 2 hari setelah melewati tanggal best before.

Jika ada gejala mual, muntah, diare, nyeri perut sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jika tidak ada gejala maka Anda tidak perlu terlalu khawatir, namun lain kali sebaiknya lebih diperhatikan lagi mengenai tanggal batas konsumsi yang tercantum dalam kemasan sebelum diminum. Jika kemasan sudah rusak, lusuh dan robek atau bolong dan tidak ada tanggal kadaluarsanya, lebih baik jangan dikonsumsi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pemakaian obat kadaluarsa, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar