Sukses

Penyebab Nyeri Lutut dan Bengkak
09 Nov 2018, 18:59 WIB
Pria, 62 tahun.

Beberapa hari lalu sy naik sepeda motor (dibonceng) lama perjalanan sekitar 1 jam..yg terjadi adalah lutut terasa pegal dan kaku sampai 2 hari. Kemudian sy konsultasi dgn dokter dan diberi obat untuk 3 hari..sembuh..maaf sy lupa catat obatnya. Tetapi sekatang kalau sy berdiri untuk kira-kira 2 jam lutut bag atas bengkak lagi tapi tidak sakit hanya terasa pegal dan kaku..Ini kenapa ya ?

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri dan bengkak di lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri dan bengkak di lutut harus diwaspadai dan bisa menjadi pertanda adanya inflamasi atau peradangan. sebelumnya kami membutuhkan beberapa informasi. Sejak kapan keluhan dirasakan? Selain bengkak dan nyeri adakah keluhan kemerahan di kulit, nyeri di bagian sendi lainnya, demam, atau gejala lainnya?

Nyeri pada daerah lutut dapat berasal dari lutut itu sendiri atau dari tempat lain (seperti pinggang, pergelangan kaki atau punggung bagian bawah) karena adanya persarafan yang saling berhubungan. Struktur dari lutut terdiri dari tulang, tulang rawang, tendon, ligamen dan bursa. Kelainan atau gangguan pada struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri lutut yang paling sering antara lain infeksi, peradangan (rheumatoid arthitis, osteoarthitis, dll), atau cedera.

Karena kurangnya informasi yang Anda berikan, sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri pada lutut Anda. Disamping itu, karena banyaknya struktur lutut yang mungkin menjadi penyebab, maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lutut Anda dan perlu dilakukan beberapa jenis pemeriksaan penunujang agar dapat diketahui dengan pasti sumber penyebab timbulnya nyeri lutut. Bengkak yang muncul pada lutut Anda dapat disebabkan oleh peradangan pada daerah lutut Anda.

Karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter anak ahli rheumatologi atau dokter spesialis bedah orthopedi untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, seperti pemeriksaan foto polos lutut Anda, pemeriksaan darah rutin, pemeriksaan faktor rheumatoid, atau bahkan dilakukan analisa cairan sendi.

Semoga keluhan nyeri dan bengkak di lutut Anda segera teratasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar