Sukses

Penanganan Diabetes
09 Nov 2018, 18:59 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter mau tanya, kalo pasien menderita diabetes melitus tipe 2 sudah menahun sekitar 5 an, dan sekarang gula darahnya sudah mulai normal selama sebulan ini dengan pola makan yang teratur apakah boleh berhenti konsumsi obat gula ya dok? Terakhir kadar gulanya 124 mg/dl, takutnya klo minum obat gula kadar gulanya semakin turun ketika dalam kondisi gula stabil. Krn pernah gulanya stabil dan minum obat gula palah mengakibatkan gulanya rendah sekali. Mohon penjelasannya dokter. Terimakasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Apakah pernah diperiksakan nilai HbA1c pada pasien? Kadar gula darah yang terkontrol bisa saja akibat dari obat yang digunakan oleh pasien. Jika distop, tidak menutup kemungkinan gula darah akan naik kembali.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia ( kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes mellitus tipe 1- faktor genetik, diderita sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diderita pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat-berat badan berlebih, merokok,dll).

Tujuan dari pengobatan diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Jika gula darah tidak stabil atau bahkan cenderung meningkat, dapat mengakibatkan komplikasi mulai dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, gagal ginjal hingga pada seluruh organ tubuh. Jenis pengobatannya pun tergantung dari kadar gula darah Anda dan perjalanan penyakit pada Anda. Pengobatan mulai dari hanya menjaga pola makan dan gaya hidup, obat diabetes oral (tablet), hingga insulin. Obat-obatan diabetes ada banyak jenisnya, dari yang bekerja mengeluarkan insulin hingga yang bekerja meningaktkan fungsi dari insulin. Anda dapat memulainya dengan berolahraga secara rutin (3-4x dalam seminggu, olahraga ringan-sedang selama minimal 20 menit), mengurangi karbohidrat dan gula dalam diet, dan memperbanyak sayuran dan buah. Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat kami sarankan Anda melakukan konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar