Sukses

Testis Mengendur
09 Nov 2018, 11:06 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum dok , selamat pagi . Mau tanya dok , kenapa testis saya yang kiri turun, mengendor, ? Tetapi tidak pernah merasakan nyeri, sakit , dan tidak ada yang aneh selain itu . Cuman terkadang terasa tidak nyaman ketika testis mengendor . Apakah masalah dok ? Seingat saya ketika masih SD saya mandi terlalu keras menggosok selakangan jadi kena benturan , selain itu masih normal dok , masih bisa ereksi mimpi basah contohnya . Mohon pemahamannya dok ! Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah yang Anda maksud dengan mengendur? Memang normalnya buah zakar besar sebelah, itu disebabkan karena testis kanan turun lebih dulu daripada yang kiri, sehingga testis kanan terlihat lebih kecil daripada yang kiri. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras.

Apakah makin terlihat besar sebelah pada waktu Anda mengedan atau batuk, atau setelah melakukan aktivitas berat? Apabila hal tersebut terjadi, kemungkinan dapat disebabkan karena hernia ("turun bero"), di mana usus turun ke buah zakar. Hal ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan usus terjepit dan harus dilakukan tindakan operasi.

Jika dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan fisik lengkap, menegakkan diagnosis dan penanganan optimal.

Namun, tak perlu khawatir, apapun yang terjadi umumnya kondisi ini tidak akan menyebabkan Anda tidak lulus medical check up untuk melamar pekerjaan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar