Sukses

USG awal kehamilan

09 Nov 2018, 09:30 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat siang, tgl 20 kemaren lusa saudara saya pergi ke dokter kandungan, niatnya mau memastikan hamil atau tidak, setelah di tanya tanya tentang siklus haidnya, kata dokternya masih telat 8 minggu, dan itu belum bisa di liat atau di usg, terus tgl 15 november disuruh kembali periksa lagi, kata dokternya suruh banyak makan ice cream, itu benar atau tidak ya dok?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi Anda tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.

Lazim adanya apabila metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan dapat dilihat kondisi janin Anda. 

USG memang bisa digunakan sejak awal kehamilan, yaitu usia kandungan 4-5 minggu untuk mendeteksi kantong kehamilan yang kemudian diikuti dengan melihat perkembangan janin. Di usia kandungan 5-7 minggu terlihat fetus dan dapat diukur panjang fetus serta detak jantungnya.

Di usia 12 minggu, kita bisa melihat janin secara utuh termasuk melihat kepala, kaki dan tangannya. Ketika berusia 16 minggu, ari-ari sudah mulai terbentuk sempurna, janin pun terlihat lebih jelas, dan terkadang jenis kelamin sudah terlihat. Tapi tergantung posisi janin, apabila menutupi kelamin, tentu tak terlihat.

Sebaiknya Anda jangan terlalu khawatir dan stress, janin yang belum terlihat bisa ditentukan faktor-faktor lain seperti kesensitivitasan dari alat USG dan lainnya. Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan sesuai waktu yang disarankan dokter Anda. Sedangkan untuk ice cream, ice cream merupakan makanan yang berkalori tinggi sehingga baik untuk menambah berat badan janin dan pertumbuhan janin Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar