Sukses

Diabetes dan Bengkak pada Kaki hingga Pinggul

09 Nov 2018, 07:57 WIB
Pria, 1979 tahun.

Dok ibu saya 2 tahun menderita sakit diabet. Saat ini gulanya normal tetapi sekarang dampaknya ke liver, sehingga dada dan perut terasa sesak dan bengkak pada kaki dan pinggul. Mohon saranya agar ibu saya dapat sembuh. Saya baru beli kliquid dan gamat emusion(saran teman) apakah obat ini cocok untuk liver?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi Ibu Anda.

Apakah yang lalu sudah periksa fungsi hati yakni pemeriksaan SGOT/SGPT dan juga USG perut? Bengkak pada kaki dan pinggul bisa disebabkan oleh gangguan pada hati maupun pada jantung. Jadi perlu ditelusuri lebih lanjut.

Secara umum, evaluasinya berupa rekam jantung, echocardiography (usg jantung), pemeriksaan fungsi hati (SGOT/SGPT) serta usg perut. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter penyakit dalam yang ahli diabetes (SpPD-KEMD) agar kondisi-kondisi ini bisa semuanya dipertimbangkan dan pengobatannya tidak sepotong-sepotong, melainkan menyeluruh, dimulai dari mengobati akar masalahnya (yakni gula darah tinggi) dengan tepat.

Bagaimana kontrol gula darah ibu Anda selama ini? Yang pasti bila ini berhubungan dengan diabetes maka kontrol gula darahnya harus bagus, baik melalui obat-obatan (tepat dosis, frekuensi minum dan rutin dikonsumsi) serta melalui pengaturan makanan, olahraga dan mengelola stres.

Untuk target pengendalian gula darah pada diabetes adalah sebagai berikut:

  • HbA1c <7% (optimal bila <6,5%)
  • Gula darah puasa <80-130 mg/dL (optimal bila <110 mg/dL)
  • Gula darah  2 jam post prandial (setelah makan) <180 mg/dL (optimal bila <140 mg/dL)

Untuk obat-obatan yang Anda maksud tergolong obat herbal yang khasiatnya belum terbukti dan efek sampingnya belum diketahui dengan jelas. Sebaiknya pastikan dulu fungsi hati dan ginjal ibu Anda baik sebelum menggunakan obat-obatan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar