Sukses

Penyebab Meludah Saat Tidur

08 Nov 2018, 12:27 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok, saya perempuan 20thn. Saya ingin bertanya, kenapa ya 2 tahun belakangan ini saya meludah saat kondisi tertidur, sehabis meludah saya langsung terbagun dan baru sadar jika saya tadi meludah saat tidur. Kondisi tersebut memang tidak terlalu sering terjadi, namun sangat mengganggu tidur saya dok. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan.

Air liur atau saliva diproduksi dari kelenjar saliva yang berada di bagian mulut dan rahang. Sering meludah dapat merupakan tanda terjadinya produksi saliva yang berlebihan atau hipersalivasi. Produksi saliva di bawah pengaruh Sistim Saraf Autonom yang berarti tidak dapat dikendalikan secara sadar. Hipersalivasi atau peningkatan saliva dapat diakibatkan peningkatan produksi atau kurangnya saliva.

Penyebab hipersalivasi diantaranya adalah asupan gandum berlebih, penyakit refluks gastroesofageal (GERD), pankreatitis, penyakit hati, ulkus atau luka dan infeksi pada mulut dan obat-obatan tertentu,dll. Untuk mamastikan apakah penyebab dari hipersalivasi yang Anda alami  maka perlu dilakukan pemeriksaan serta wawancara medis secara langsung dengan dokter. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar