Sukses

Anak Mengalami Nyeri Telinga

08 Nov 2018, 11:18 WIB
Pria, 27 tahun.

Mau tanya. Anak saya usia 5 th sakit di bagian dalam telinga .knapa yah

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar sakit telinga anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Nyeri telinga menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Apakah ada kemerahan atau bengkak dari telinga anak Anda bagian luar? Apakah memiliki nyeri kepala dan kemerahan serta nyeri bila menyentuh tulang di bawah telinga?

Nyeri pada telinga dapat terjadi akibat dari infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. Apabila anak Anda sedang mengalami batuk dan influenza, telinga juga dapat terasa nyeri. Sebaiknya anak Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk diperiksa secara langsung menggunakan alat khusus di telinga. Perlu dilihat secara langsung apakah terdapat luka atau masalah tertentu di telinga bagian dalam yang hanya dapat diketahui dengan pemeriksaan langsung dengan alat khusus.

Sementara waktu, Anda dapat memberikan obat anti nyeri yang berupa sirup yang dijual bebas di pasaran untuk mengurangi keluhan nyeri anak Anda. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan beristirahat, makan makanan bergizi, dan minum banyak cairan. Ada baiknya agar anak diperiksakan bila rasa nyeri telinga tidak mereda dalam 3 hari atau bila keluar cairan dari telinga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar