Sukses

Positif Tuberkulosis dari Hasil Rontgen Dada

08 Nov 2018, 11:17 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, saya mau tanyak. Kemarin saya rontgen hasilnya gini dok. Jantung ukurannya batas normal. Sinus costophrenicus kiri agak tumpul. Sinus costophrenicus kanan lancip. Diaphragma kanan/kiri licin. Tampak infiltrat dilapangan atas paru kiri. Tampak infiltrat dilapangan atas paru kanan Kesan : TB kiri/ kanan disertai pleural effusi kiri. Itu menandakan penyakit apa dok yang saya alami? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar tuberkulosis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari hasil pemeriksaan rontgen dada tersebut didapatkan kesan bahwa Anda menderita penyakit infeksi tuberkulosis paru. Namun tentu saja hasil rontgen ini harus dikonfirmasi apakah Anda juga merasakan gejala-gejala tuberkulosis paru. Selain itu masih dibutuhkan pemeriksaan dahak. Apakah Anda sudah menjalani pemeriksaan dahak? Apakah Anda memiliki gejala-gejala tuberkulosis paru?

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Kami sarankan Anda berkonsultasi secara rutin ke dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan terapi yang maksimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tuberkulosis. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar