Sukses

Gatal yang Menjalar

08 Nov 2018, 10:33 WIB
Pria, 26 tahun.

dok, awalnya saya gatal,di bawah pusar, gatal sangat mnyengat,kalau di garuk malah lebih gatal lagi. semakin hari makin lama gatalnya menjalar terus. sampai skrang gatal sdah sampai di bawah payudara saya, bahkan sudah ada sedikit di payudara saya, terus bekas gatal yg saya garuk menjadi bekas hitam.jadi perut saya semuanya sudah hitam. walaupun tdk di garuk dengan kuku ttap saja bekasnya ada. bahkan sekarang dok di paha bagian kanan saya gatalnya sudah sangat besar dan semakin hari semakin menjalar. inimembuat saya tdak percaya diri dan sangat terganggu. yang mau saya tanyakan dok.. ini jenis gatal apa ya dok?? bisa sembuh gak penyakit saya ini... saya sangat stres dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi belum mencukupi. Karena keluhan gatal yang menyebar ada di banyak penyakit kulit.

Urtikaria misalnya. Urtikaria biasanya timbul jika ada faktor pencetus, misalnya makanan tertentu (umumnya seperti udang, telur, ikan, dll). Dan kadang menghilang kadang timbul lagi secara cepat. Dapat diobati dengan Anti histamin dan kortikosteroid.

Atau bisa juga Anda terkena Scabies. Penyakit scabies adalah penyakit yang menyerang kulit, bentol bentol kecil warna kemerahan dan cepat menyebar ke seluruh tubuh jika tidak segera diobati. Yang menderita penyakit ini biasanya merasa tersiksa karena gatal gatal yang makin lama makin banyak dan timbul di seluruh tubuh biasanya jadi susah tidur. Ciri-ciri utama penyakit ini adalah gatal terutama malam hari, gatal dan bentol di sela-sela jari. Apakah Anda mengalami gejala tersebut?

Penyakit scabies disebabkan oleh kutu yang membuat terowongan kecil dibawah lapisan kulit persis dibawah kulit ari, dan menembus kemana mana, jadi ya lorong-lorongnya sebenarnya banyak persis seperti sarang tikus, karena itu menyebabkan gatal gatal. Pada saat bertelur kutu scabies ini menyebarkan telur telurnya keseluruh tubuh, walaupun perjalanannya lambat sekitar 1 cm per 1 malam, tapi karena makin lama makin banyak tentu saja bisa menyebar keseluruh tubuh. Telor kutu scabies akan menetas dalam tempo sekitar 1 minggu sampai 10 hari. Oleh karena itu dalam masa pengobatannya harus diulangi lagi setelah 1 minggu sampai 10 hari.

Untuk itu sebaiknya konsultasikan diri Anda secara langsung ke dokter untuk mendapatkan penyebab dari gatal yang menyebar itu apa. Agar bisa segera di berikan terapi pengobatannya. Karena penyakit kulit akan lebih maksimal terapinya jika bisa melihat secara langsung keluhan yang anda derita.  

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar