Sukses

Penyebab Perut Berisi Cairan
08 Nov 2018, 10:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya . Nenek saya dibawa ke RS dengan keluhan perut sakit , tidak bisa BAB , perutnya padat , muntah , pusing tetapi setelah di RS perut nenek saya membesar dan katanya ada cairan di perutnya . Ini gejala sakit apa ya dok. Maaf saya tidak tanya dokter di Rs tsb karena pelayanan tidak menyenangkan Terimakasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Asites adalah suatu kondisi ketika terjadi penumpukan cairan dalam rongga perut. Walaupun umumnya dilatarbelakangi oleh sirosis hati, asites dapat juga terjadi oleh sebab lainnya seperti gagal ginjal dan pankreatitis.

Apa saja penyebab cairan dalam perut (asites)?

Asites terjadi karena adanya penumpukan cairan dalam lapisan perut, antara kulit dan organ dalam. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa penyakit pendahulu, seperti:

Sirosis hati

Sirosis hati adalah penyebab paling sering pada kondisi asites. Sirosis merupakan kerusakan hati permanen yang dapat disebabkan oleh hepatitis B, C, dan penyalahgunaan alkohol.

Pada sirosis terjadi peningkatan tekanan pembuluh darah di dalam hati. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah ini menyebabkan cairan mudah keluar dari dalam pembuluh darah. Cairan ini kemudian mengisi daerah sekitarnya, termasuk di lapisan antara kulit dan organ dalamnya.

Tidak hanya itu, kerusakan hati juga membuat turunnya produksi protein albumin yang fungsinya mengikat air di dalam pembuluh darah. Peningkatan tekanan dalam pembuluh darah dan penurunan kadar albumin tersebut merupakan dua mekanisme penyebab asites pada sirosis hati.

Gagal ginjal dan gagal jantung

Kedua penyakit ini menyebabkan penumpukan cairan di dalam tubuh yang sulit dikeluarkan. Penumpukan cairan ini dapat terjadi di mana saja, termasuk di perut.

Tumor

Adanya tumor dalam rongga perut yang menekan pembuluh darah dapat menimbulkan peningkatan tekanan dalam pembuluh darah. Akibatnya cairan dari dalam pembuluh darah akan keluar ke rongga perut.

Kanker dan pankreatitis

Kanker kolon, pankreas, payudara, limfoma, paru, dan ovarium juga dapat menyebabkan seseorang mengalami asites. Selain kanker, pankreatitis atau radang di organ pankreas juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Untuk mengetahui apa penyebab terdapatnya cairan dalam perut/Asites diperlukan penggalian informasi medis ketika didapati keluhan perut yang semakin membesar. Terlebih bila ditemui riwayat penyakit lain yang dicurigai menjadi pemicunya. Diagnosis ini dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Kami sarankan agar Anda mengikuti prosedur yang disarankan oleh rumah sakit tempat nenek Anda dirawat agar penyebabnya dapat diketahui secepatnya. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar