Sukses

Visus Mata vs Minus Mata
07 Nov 2018, 05:28 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, kemarin saya tes visus di RS. Bhayangkara. Setelah di tes dokter memberikan kertas bertulis mata kiri & kanan 0,7 (tidak normal). Dokter tersebut menyuruh saya memberikan kertas tersebut ke ruangan dokpol untuk mencetak hasil tes, setelah hasil tes dicetak tertulis kalau mata saya tidak minus, jadi maksud dari 0,7 (tidak normal) tersebut apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar Visus Mata vs Minus Mata menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah sudah dikoreksi dengan lensa? Pada usia muda akomodasi masih bisa kemungkinan besar sehingga tidak membutuhkan bantuan kaca mata untuk melihat. Sebaiknya Anda dapat berkonsultasi langsung ke dokpol yang melakukan pemeriksaan untuk memastikan 0,7 tidak normal ini bagaimana.

Pemeriksaan visus adalah pemeriksaan yang ditujukan untuk mengukur tajam penglihatan yang diukur menggunakan optotip snellen. Seseorang yang masih memiliki visus yang normal bisa melihat pada jarak 6 meter tanpa alat bantuan. Berarti kondisi visus pasien tersebut adalah 6/6 (orang normal bisa melihat optotip snellen pada jarak 6 meter, pasien juga bisa melihat optotip snellen pada jarak 6 meter). Satuan lain yang digunakan adalah dalam kaki pada kasus ini 20/20 kaki berati normal Seseorang dikatakan mengalami penurunan tajam penglihatan jika pada pemeriksaan visus tidak didapatkan visus 6/6 atau 20/20. Untuk menilai besar miopia atau minus , dimulai dari lensa negatif (-) 0,25D, ditambahkan berturut-turut sampai lensa negatif terlemah Anda dapat membaca dereta huruf 6/6.

Jadi sebetulnya visus dan minus mata merupakan 1 kesatuan pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan visus tersebut kemudian akan menentukan minus mata Anda dan lensa minus atau plus berapakah yang Anda harus gunakan. Koreksi mata minus adalah dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak.  Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (Lasik).

Demikian informasi seputar Visus Mata vs Minus Mata yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar