Sukses

Benjolan di Areola Payudara

07 Nov 2018, 05:20 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya, di Areola saya terdapat seperti benjolan / berbiji gitu dok, jika ditekan sedikit sakit... Apakah itu berbahaya dok? Terima kasih ...

Terima kasih telah bertanya seputar Benjolan di Areola Payudara menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan payudara adalah tumor, bisa saja ini merupakan penyumbatan kelenjar. Namun benar jika penyebab lain dari pembengkakan payudara adalah tumor payudara atau peradangan payudara. Jika keluhan benjolan nyeri khususnya saat haid, bisa saja ini adalah kelainan fibrokistik payudara akibat pengaruh hormonal. Berhubung banyaknya penyebab dari gangguan apda payduara, akan lebih baik, jika dilakukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter.

Selain itu, izinkan kami menjelaskan tentang kanker payudara untuk menambah wawasan Anda. Insidens kanker payudara pada dekade terakhir ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. Sampai saat ini penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diyakini banyak faktor yang berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain:

  • Genetik, riwayat keluarga dengan keluhan sama
  • Hormon, pengobatan hormonal jangka panjang
  • Virogen (belum terbukti pada manusia)
  • Makanan, yang tinggi lemak dan bersifat karsinogen (pemicu kanker)
  • Radiasi

Seorang dengan kanker payudara dapat mengeluh adanya benjolan yang berbatas tidak tegas. Kadang benjolan ini terlihat ketika menggerakkan lengan atau mengangkat lengan. Selain itu lekukan atau penarikan kulit payudara ke dalam juga dapat terjadi pada kanker payudara.

Gejala lain yang dapat anda alami adalah keluarnya cairan berdarah dari puting susu. Puting susu juga dapat terlihat berubah posisi dan tidak simetris antara payudara kiri dan kanan. Tak jarang benjolan juga tampak di bagian lain, seperti ketiak.

Adapun keluhan pusing yang dialami oleh Ibu Anda pun dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang berhubungan ataupun tidak berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan kanker payudara yang diderita. Hal ini membutuhkan pemeriksaan menyeluruh oleh Dokter. Jadi Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu, karena terlalu dini untuk menyimpulkan apapun saat ini.

Demikian informasi seputar Benjolan di Areola Payudara yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar