Sukses

Nyeri Di Perut Atas

05 Nov 2018, 09:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok...saya hamil 2 bulan. Kmaren pagi saya makan mie instan...lalu sore nya sampe malam perut saya sakit.... sore perut bagian atas...malam nya perut bagian bawag sebelah kanan sakit sekali.. apa sakit ini karna mi instan?

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah nyeri ulu hati pada kehamilan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Perlu diketahui bahwa begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan rasa tidak nyaman di daerah ulu hati. Pada umumnya keluhan ini berkaitan dengan organ lambung. Seorang dengan keluhan lambung akan mengeluh perasaan nyeri ulu hati setelah makan, adanya panas pada ulu hati dan perut kembung. Apakah Anda merasa demikian? Apakah Anda juga terlambat makan (tidak makan siang hingga malam)?

Berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi gangguan pada lambung yang mungkin Anda miliki :

  1. Hindari rokok dan asap rokok
  2. Hindari stress
  3. Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  4. Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  5. Jangan berbaring setelah makan
  6. Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  7. Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  8. Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki masalah di lambung.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan jika kondisi Anda semakin berat, untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh untuk mendapatkan diagnosa tepat beserta tata laksana terbaik sesuai dengan kondisi Anda saat ini, terlebih karena Anda sedang mengandung yang tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar