Sukses

Mengatasi Jantung Berdebar

04 Nov 2018, 07:41 WIB
Pria, 22 tahun.

Gmna cara mengatasi jantung berdebar saat ketika ingin tidur dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Berikut kiat untuk mengatasi jantung yang berdebar-debar :

Cara #1: Duduk dan Angkat Kaki Menjadi Lebih Tinggi dari Jantung

Sesaat Anda menyadari jantung Anda bedetak tidak seirama, cobalah lakukan ini:

Duduk dan angkatlah kaki Anda lebih tinggi dari jantung.Tarik nafas dalam dan perlahan, biarkan rongga perut Anda membesar seiring dengan setiap helaan nafas.Tanpa Anda sadari, posisi ini sebetulnya membuat Anda sedikit rileks. Namun pada prinsipnya, posisi ini bertujuan untuk kembali melancarkan peredaran darah dan membantu jantung menyesuaikan kembali iramanya ke sediakala.

Cara #2: Lakukan Manuver Valsalva

Jika irama ireguler tersebut kian berlanjut, cobalah melakukan manuver Valsalva. Apa itu manuver Valsalva? Ikuti panduannya sebagai berikut:

·         Pencet kedua hidung Anda

·         Tutup mulut Anda dan cobalah untuk mengeluarkan nafas.

Tindakan ini di dalam medis disebut manuver Valsalva. Dimana dalam hal ini dapat meningkatkan tekanan darah Anda sesaat dan membantu ‘mereset’ jantung Anda.

Cara #3: Minum Air dalam Jumlah Banyak

Minumlah air dalam jumlah banyak. Walaupun belum dapat dibuktikan secara penelitian medis, namun dari beberapa testimoni orang telah mendapati cara ini cukup ampuh dan instan membantu mengatasi jantung berdebar. Salah satu teorinya adalah air yang ditelan dapat mengakibatkan kerongkongan ‘menekan’ jantung dan dapat membantu mengembalikan irama jantung yang semula berdebar.

Cara # 4: Olah Stres

Jika Anda mengalami berdebar-debar, hal tersebut seringkali dikarenakan oleh stres. Berdebar-debar atau palpitasi dapat menjadi suatu cara tubuh untuk ‘memberitahu’ bahwa level stres Anda sudah di atas rata-rata. Hal tersebut ialah wajar adanya, untuk itu cobalah untuk senantiasa meluangkan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk menenangkan pikiran Anda.

Cara #5: Cukupi Jam Tidur

Cobalah tidur setidaknya 8 jam setiap hari. Kelelahan juga dapat menjadi faktor pencetus irama jantung yang ireguler.  Sesuaikan jam tidur Anda dengan kebutuhan Anda. Pasalnya tidak setiap orang memiliki patokan yang sama 8 jam seharinya, tergantung dari kelompok usia dan kondisi biologis yang ada. (Baca: Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?). Contohnya jika pada balita dibutuhkan waktu tidur 9 sampai 10 jam, beda dengan pria dewasa. Yakni sekitar 7 sampai 8 jam tidur seharinya.

Cara #6: Cermati Obat-obatan Anda

Ketahui obat-obatan yang bisa menyebabkan berdebar-debar seperti misalnya:  

·         Beberapa jenis obat-obat asma

·         Beberapa kategori obat-obatan alergi

·         Beberapa macam obat-obat diet, dan lainnya.

Jika Anda ingin menghindari berdebar, maka hindarilah obat-obatan tersebut.

Untuk jangka panjang, Anda dapat melakukan beberapa kiat ini untuk mengurangi kejadian berdebar di kemudian waktu:

Usahakan untuk melakukan kegiatan olahraga aerobik minimal 3-4x seminggu, misalnya jogging, jalan cepat atau bermain tenis.Lakukan pemanasan 10 menit sebelum berolahraga dan stretching 10 menit sesudahnya.Makanan apapun yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda secara cepat dapat memicu berdebar-debar. Bahkan beberapa orang yang mengurangi makanan atau minuman manis menjadi kurang berdebar-debarKurangi kopi dan minuman berkafein lainnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar