Sukses

Hasil Pap Smear Anda

03 Nov 2018, 04:40 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo Dokter, Saya baru melakukan papsmear, dan hasil saya berbunyi seperti ini: Mikroskopis: Sediaan hapusan papsmear terdiri dari sebaran dan kelompokan sel-sel epitel superficial dan inermediate. Tidak tampak kelompokan sel-sel endoservik. Inti sel-sel epitel tersebut dengan N/C ratio normal, kromatin halus, sitoplasma eosinofilik. Tampak struktur leucocyte ball yang terdiri dari sel-sel radang PMN. Latarbelakang hapusan terdiri dari sebaran Dorderlein lactobacilli. Kesimpulan: Sediaan hapusan papsmear adekuat untuk dievaluasi. Tidak tampak sel-sel endoservik. inflammatory smear Negative of intraepithelial lesion or malignancy Dok, mohon bantuannya untuk interpretasi hasil dari tes saya, dan langkah apa yang harus saya ambil selanjutnya? Terakhir sekali berhubungan di bulan Maret 2018. Di bulan April 2018 saya kena UTI, dampak sanitasi tapi sudah diobati. Tetapi beberapa bulan setelahnya keputihan saya malah bertambah dan kadang menimbulkan rasa risih pada sekitar private area saya. Lalu saya tes urin di bulan September 2018, hasil tes saya suggest bahwa leucocyte di urin tinggi angkanya, dan saya diberi obat zistic dan fluconazole satu tablet oleh obgyn saya, keputihan saya banyak berkurang. Tes saya yang terakhir adalah pap smear, dengan hasil test diatas. Mohon sarannya dok. Terima kasih banyak.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sesungguhnya, Pap Smear dilakukan untuk mencari kemungkinan ke arah adanya kanker serviks. Pada kasus Anda, tidak ditemukan sel-sel yang mengarah pada keganasan atau kanker sehingga kemungkinan ini bisa disingkirkan.

Namun, terdapat sel-sel radang (leukocyte ball) yang menandakan sisa-sisa keputihan Anda. Selama kadarnya sedikit, ini normal saja karena memang diperlukan untuk melindungi vagina Anda dari infeksi.

Jika keputihan dirasa sudah membaik, saat ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar