Sukses

Pencegahan TB pada Anak

02 Nov 2018, 07:40 WIB
Wanita, 26 tahun.

Mlem dok. Mau tanya amankah balita bawah 1 th berada satu mobil dengan penderita TBC? dan bagaimana pencegahannya agar tidak tertular virus TBC jika tinggal satu rumah dengan penderita?

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah pencegaha TB paru pada anak melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Penyakit tuberkulosis (TB) disebabkan oleh infeksi kuman M. tuberculosis. Kuman ini masuk ke tubuh melalui udara ke saluran napas. Tidak semua orang yang terinfeksi kuman ini menderita penyakit TB.

Hal ini tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Jika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka kuman TB tidak akan berkembang. Namun jika daya tahan tubuh lemah, kuman TB dapat berkembang menjadi penyakit TB.

Tidak hanya pada usia dewasa, anak-anak juga dapat mengalami penyakit TB. Faktor risiko TB pada anak-anak di antaranya:

  1. Terpapar dengan pengidap TB dewasa, misalnya anggota keluarga atau pengasuh anak.
  2. Anak yang berusia kurang dari empat tahun.
  3. Anak usia remaja.
  4. Kondisi sosio-ekonomi rendah.
  5. Kondisi lingkungan dan tempat tinggal yang tidak sehat.
  6. Adanya kondisi yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh anak, seperti anak dengan HIV/AIDS, gizi buruk, diabetes, dan penyakit kronis lainnya.

Berbeda dengan orang dewasa, gejala TB pada anak lebih sulit dikenali karena terkadang gejala TB pada anak kurang jelas. Hal ini terutama terjadi pada anak yang masih berusia kurang dari tujuh tahun. Gejala TB yang paling sering ditemukan pada anak adalah batuk dan sesak napas. Selain itu, gejala yang cukup sering terjadi pada anak dengan TB adalah berat badan yang kurang sehingga anak mengalami gizi kurang atau gizi buruk. Berat badan pada anak dengan TB sulit naik, bahkan setelah beberapa bulan dilakukan upaya peningkatan berat badan.

Gejala-gejala lain yang dapat terjadi pada anak dengan TB adalah demam tanpa sebab yang jelas, pembesaran kelenjar getah bening pada leher, ketiak, dan selangkangan, serta pembengkakan tulang atau sendi pada panggul, lutut, dan jari.

Umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan tes mantoux pada kulit dan foto rontgen dada untuk membantu diagnosis TB pada anak.

Pada anak balita yang skoring menunjukkan TB maka akan diobati sesuai dengan pengobatan TB yaitu dengan isoniazid, rifampisin dan pirazinamid 6 --12 bulan tergantung respon penyakit sedangkan untuk anak dengan skoring tidak menunjukkan infeksi TB tetapi memiliki kontak dengan pasien TB dianggap infeksi laten dan perlu mendapatkan obat pencegahan selama 6 bulan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter dan mengikuti anjuran dokter karena pada anak balita sangat rentan untuk mendapat infeksi TB sehingga pengobatan yang diberikan bukan obat penyakit melainkan obat pencegahan seperti yang dijelaskan dokter Anda pengobatannya pun berbeda dengan oat sakit TB. tujuannya agar menghindari sakit TB itu sendiri.

Tindakan pencegahannya antara lain dengan penggunaan masker (terutama untuk penderita), dan memenuhi asupan nutrisi termasuk multivitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Beri pengertian kepada penderita agar senantiasa menutup mulut setiap batuk atau bersin, dan agar ia tidak menularkan kepada anggota keluarga yang lain, jaga ventilasi atau pertukaran udara di rumah agar senantiasa berganti setiap harinya. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar