Sukses

Angkat Besi Berpengaruh pada Tinggi Badan?
02 Nov 2018, 07:40 WIB
Pria, 17 tahun.

Assalamualaikum dok Saya mau tanya, umur saya 17 tahun, saya olahraga angkat besi apakah olahraga ini berpengaruh pada tumbuh tinggi badan saya dok? Mohon dijawab dok Terimakasih 😊

Terimakasih telah bertanya tentang angkat beban dan tinggi badan melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik (keturunan), kecukupan gizi, dan stimulasi lingkungan.

Tinggi badan akan terus bertambah selama lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat pubertas dan akan menutup pada usia 20-21 tahun.

Faktor genetik yang berperan yaitu tinggi badan ayah dan ibu. Anda dapat memperkirakan potensi genetik tinggi Anda melalui rumus ini:

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Faktor genetik tidak bisa diubah tetapi bisa dioptimalkan, agar tinggi badan berada di batas atas potensi genetik Anda. Cara mengoptimalkannya yaitu dengan konsumsi gizi yang cukup dan seimbang serta stimulasi lingkungan seperti berolahraga.

Gizi yang paling utama untuk pertambahan panjang tulang dan menunjang pertumbuhan yang optimal yaitu protein, kalsium, vitamin D, dan fosfor. Kandungan gizi ini bisa didapat dari sumber protein hewani seperti daging merah, ayam, ikan, seafood, dan putih telur. Bisa juga dari sumber protein nabati seperti tahu tempe dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang merah, kacang hijau, lentil, dan yang lainya. Bila gizi Anda bisa dicukupkan melalui makanan-makanan ini, Anda tidak memerlukan suplemen.

Stimulasi dari lingkungan seperti olahraga juga diperlukan agar tulang 'terpicu' untuk tumbuh. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Olahraga seperti renang pun bisa menambah tinggi badan seseorang.

Latihan angkat beban dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh selama dilakukan dalam batas wajar. Pada usia muda, umumnya lebih dianjurkan beban yang tidak terlalu berat, dengan teknik gerakan yang tepat, dan jumlah repetisi yang lebih sering untuk melatih kekuatan otot, agar otot tetap proporsional. Selain itu pada usia Anda, yaitu 18 tahun, lempeng pertumbuhan tulang masih berkembang sehingga untuk menghindari cedera pada bagian tersebut hindari angkat beban dengan berat dan frekuensi berlebihan. Sebaiknya latihan angkat beban tersebut di bawah supervisi oleh pelatih fisik Anda untuk mencegah cedera akibat teknik yang tidak tepat. Tambahkan pula latihan aerobik (kardio) seperti berlari, bersepeda, atau dengan alat elliptical trainer agar kesehatan jantung dan metabolisme energi tetap seimbang.

Demikian informasi yang dapat diberikan semoga bermanfaat, Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar