Sukses

Bengkak dan Lebam Setelah Kecelakaan

30 Oct 2018, 20:46 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat siang dok. Saya mau bertanya, bapak saya Minggu lalu mengalami kecelakaan sepeda motor dan seperti nya kaki nya terbentur. Begitu kecelakaan betis langsung bengkak dan jika dibawa berjalan nyeri. Sampai sekarang betis nya juga masih bengkak. Jika dari posisi duduk terus berdiri terasa sakit sekali seperti otot nya ditarik. D betis yg bengkak tersebut ada luka lecet sedikit dan lebam akibat kecelakaan Minggu lalu. Terimakasih sebelumnya dok

Terima kasih telah bertanya seputar bengkak dan memar akibat terbentur menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami turut prihatin dengan musibah yang menimpa Anda. Luka atau bengkak memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka dan bengkak yang diperlukan bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll).

Bagaimana dengan kondisi Anda? Adakah faktor-faktor yang menghambat penyembuhan luka dan bengkak? Apakah bengkak cukup berkurang atau menetap atau malah semakin membesar?

Apakah saat jatuh dilakukan pemeriksaan rontgen? Apakah ada tulang-tulang yang retak?

Bengkak karena trauma dapat merupakan satu kesatuan dengan luka yang terjadi. Sehingga jika luka teratasi dengan bak, bengkak akan berangsur berkurang dan menyembuh.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka dan bengkak, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi bengkak. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kasa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kasa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kasa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kasa, jangan lupa membasahi kasa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Selain itu, keluhan bengkak karena trauma selain disebabkan karena luka, juga dapat disebabkan karena adanya masalah tulang retak pada daerah terkait.

Sudahkan Anda ke dokter untuk kontrol? Kami sarankan, jika keluhan memang mengganggu, maka sebaiknya Anda ke dokter untuk kontrol sehingga dokter bisa melakukan pemeriksaan langsung dan menentukana kondisi Anda serta memberikan penanganan yang tepat.

Semoga Anda cepat sembuh!

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan seputar bengkak dan memar akibat terbentur . Semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar