Sukses

Diagnosis Diabetes

01 Nov 2018, 13:42 WIB
Pria, 16 tahun.

Dok, kalau saya berusia 16 tahun (kelas 1 SMA), baru pertama kali cek gula darah puasa hasilnya 230 itu kan sudah termasuk tinggi ya. Saya memang punya berat berlebih tp saya masih aktif ikut olah raga voli. Selama ini memang punya masalah buang air kecil saat tidur di malam hari tidak bisa ditahan. Riwayat ayah saya punya diabetes yang diturunkan dari ayahnya. Apa yg harus saya lakukan selanjutnya? Harus menemui dokter apa sebaiknya? karena saya belum ada keluhan lain. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Terdapat beberapa pertanyaan yang perlu kami tanyakan. Apakah dalam 8 jam sebelum pemeriksaan, Anda sama sekali tidak mengonsumsi makanan lainnya (kecuali air putih)? Untuk mendiagnosis diabetes memang yang paling menonjol adalah pemeriksaan gula darah, namun masih harus dibarengi dengan adanya gejala lainnya. Apakah Anda menderita gejala utama diabetes seperti sering makan berlebih/ polifagi, sering haus/ polidipsi, selain sering buang air kecil dimalam hari/ poliuri?

Bila gejala utama diabetes tidak ada, meskipun pemeriksaan gula darah sugestif ke arah diabetes, maka belum tentu dapat dipastikan bahwa Anda menderita diabetes. Pemeriksaan harus diulangi, bila perlu menggunakan darah vena (bukan darah tepi/ perifer seperti pada alat cek gula darah portable). Untuk itu Anda sebaiknya tidak langsung cemas dan khawatir. Ulangilah pemeriksaan Anda dengan mengunjungi dokter secara langsung. Berikut akan kami jelaskan seputar diabetes.

Definisi diabetes adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Beberapa faktor-faktor yang memiliki peran penting untuk terjadinya diabetes melitus adalah :

Obesitas, terutama yang besifat sentral (bentuk tubuh apel)

Diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana

Kurang gerak badan (olahraga)

Faktor keturunan (herediter)

Seperti yang dituliskan di atas, diet tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana dapat merupakan faktor penyumbang untuk terjadinya diabetes melitus. Untuk mencegahnya adalah dengan melakukan diet tinggi serat, banyak sayuran dan buah-buahan, karbohidrat kompleks, serta makanan lain dalam porsi seimbang.

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah ditemkuan adanya gejala 3P (poliuria, polidipsia, dan polifagia) dan terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP).Kadar gula darah diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Adapun pencegahan tersebut adalah sebagai berikut:

Jaga berat badan

Berat badan yang ideal akan membantu Anda menjaga kestabilan gula darah, tekanan darah dan kolesterol. 

Makanan yang sehat

Pola makan yang disarankan adalah pola diet rendah lemak, garam dan gula. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan gula sama sekali. Makanlah gula dan berlemak dalam porsi secukupnya.

Jangan merokok

Merokok meningkatkan risiko Anda untuk menderita penyakit jantung dan stroke. Jadi jika Anda merokok, carilah bantuan dan berhentilah merokok sekarang!

Olahraga

Olahragalah teratur dengan durasi minimal 30 menit setiap hari, lima kali seminggu. Olahraga rutin membantu Anda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Teruskanlah kebiasaan Anda olahraga voli secara rutin. Olahraga sederhana dapat berupa berlari, renang, atau aktivitas lain yang meningkatkan denyut jantung Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar