Sukses

Air Ketuban Kurang

01 Nov 2018, 13:16 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok usia kehamilan saya sudah mencapai 36 minggu, tadi saya sudah melakukan USG untuk mengetahui apakah air ketuban masih banyak atau tidak. Ternyata air ketubannya kurang dok.. Padahal berat badan janin cukup besar, sudah 2,8kg tapi saya jadi khawatir karna kaya dokternya air ketuban kurang. Bagaimana ya caranya untuk memperbanyak air ketuban lagi dok? Karna saya tidak mau kalau sampai terjadi apa-apa dengan kandungan saya, saya juga tidak mau anak saya lahir prematur atau sampai harus dilahirkan secara caesar. Saya mohon bantuannya dok. Terimakasih..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Air ketuban yang berkurang di dalam dunia medis dikenal dengan nama oligohidramnion. Air ketuban adalah cairan yang dihasilkan oleh janin dan selaput yang mengelilinginya. Oligohidramnion dapat disebabkan karena kehamilan lewat waktu, gangguan pertumbuhan pada janin, penyakit ibu (tekanan darah tinggi, diabetes), atau gangguan ginjal pada janin.

Oligohidramnion dapat menyebabkan gangguan tumbuh-kembang pada janin atau komplikasi selama kehamilan. Hal ini harus terus dipantau oleh dokter untuk memastikan kadar air ketuban cukup dan perkembangan janin sesuai dengan masa kehamilan. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah meningkatkan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang, tingkatkan asupan cairan, banyak istirahat, hindari merokok atau perokok pasif, dan selalu berkonsultasi ke dokter apabila terjadi tanda-tanda gangguan pada kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar