Sukses

Kulit Gatal

01 Nov 2018, 13:16 WIB
Wanita, 18 tahun.

dok saya mau kulit saya terasa gatal dan gatalnya itu makin parah sampai kulit saya lecet akibat fi garuk tapi ada juga yang gak di garuk tpi timbul merah2 sendirj terus berair lagi dan kalau kena air itu terasa perih sekali itu kira kira obatnya apa y.?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Tepatnya, di manakah kulit yang terasa gatal? Setiap penyakit kulit memiliki ciri khusus yang berkaitan dengan lokasi gatalnya. Apakah terdapat penggunaan krim/ losion/ bahan kimia lain di kulit mendahului timbulnya gatal? Sudah berapa lama keluhan dirasakan? Adakah area kulit yang menebal dan mengeras?

Oleh karena deskripsi yang minim, kami hanya dapat memberikan kemungkinan penyebab kulit gatal, perih dan berair yang Anda alami. Penyebabnya bisa berupa:

Alergi obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll.

Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan kulit gatal.

Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, kontak logam, detergen, bahan kimia, dll.

Stres. Pada alergi yang kambuhan, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan kemungkinan seseorang mengalami alergi.

Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan keluhan kulit gatal. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan bentol di tempat gigitan yang biasanya sembuh sendiri.

Infeksi. Infeksi jamur atau parasit (skabies) dapat menyebabkan kulit terasa gatal.

Penyakit kulit terkait alergi seperti psoriasi dan dermatitis atopik.

Untuk mengatasi gatal-gatal yang terpenting adalah mengetahui penyebabnya. Ada baiknya bila Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter agar riwayat penyakit bisa digali lebih dalam dan pemeriksaan bisa dilakukan secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit gatal. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar