Sukses

Menggunakan Arang Untuk Masker Wajah

01 Nov 2018, 13:21 WIB
Pria, 16 tahun.

jenis arang apa yang digunakan untuk masker wajah ?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah.

Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu.

Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit.

Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker

  • Masker untuk kulit normal

Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat.

  • Masker untuk kulit kering

Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang mengandung zat tepung.

  • Masker untuk kulit berminyak

Jjeruk peras, jeruk nipis, dan nenas dapat dimanfaatkan untuk masker bagi jenis kulit berminyak. Selain buah-buahan, dapat pula membuat masker dari madu, putih telur atau kuning telur.

Cara penggunaan masker

Masker dioleskan pada wajah dan leher dengan gerakan ke arah samping wajah atau ke atas, rata dan sama tebalnya. Hindari gerakan pengolesan kearah turun maupun melintang kearah hidung, dengan demikian masker akan semakin mudah terserap oleh pori-pori wajah. Hindari bagian mata dan lubang hidung serta mulut. Pada saat pemakaian masker jangan sambil berdiri, duduk atau berjalan-jalan, tetapi usahakan dengan posisi tidur dan dalam keadaan rileks.

Lamanya penggunaan masker yang baik kira-kira 10-15 menit sambil ditunggu mengering. Hindari gerakan-gerakan pada wajah selama penggunaan masker. Saat mengangkat masker, sebaiknya memakai handuk atau spon yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Memang belum ada jurnal medis mengenai pertanyaan anda, namun masker alami sebagian besar aman. Umumnya disarankan menggunakan masker wajah 1-3x dalam seminggu. Bila ingin menggunakan setiap hari pastikan Anda menggunakan pelembab yang tepat untuk wajah Anda karena penggunaan masker bersifat mengangkat kulit mati (eksfoliator) yang bila dilakukan berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada kulit.

 

Untuk penggunaan arang sebagai masker wajah, kami sarankan agar anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan menilai jenis kulit wajah anda, dan dapat ditentukan jenis masker yang tepat bagi anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar