Sukses

Luka Akibat Bercukur

31 Oct 2018, 15:20 WIB
Pria, 18 tahun.

Malam dok, mau tanya, 1 bulan lalu sya mendapat luka saat cukur rambut, saat di rapikan pke silet cukur kena jerawat di belakang kepala dan berdarah, tpi untung dok saat giliran sya slet cukur tsb sudah di ganti Baru. Tpi, 2 hri setelahnya tubuh sya trasa lemas, kaki pegal (tidak ad nyeri otot), nafas panas, prut agak mual, seperti mau kna flu gtu dok, dan itu hilang dlm 3 hari tpi pegal kakinya sampai 1 minggu, 2 minggu berikutnya tenggorokan sya trasa gatal sedikit, itupun hlang dlm 3 hrian, minggu k 3 ad benjol d blakang telinga (benjolan dpt digerakan dan sakit ) hlang dlm 5 harian kumudian ad sakit di bawah telinga kiri dan depan telinga kanan (benjolannya itu tdk bergerak tpi seperti urat yg bengkak), kemuadian ad seperti bisul di tangan serta lengan dan jerawat membanyak, pertanyaan sya 1. Apakah gejala itu ad kaitannya dngan HIV ? 2. Apakah dpt terkena HIV jika silet tersebut baru ? 3. Jka tdk lalu gejala apa itu dok ? Apakah stres dpat membuat penyakit seperti itu ? Maaf panjang dok, sya tkut soalnya Terima kasih dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda, luka apapun pada kulit dapat mempermudah terjadinya infeksi karena luka pada kulit merupakan tempat masuknya kuman ke dalam tubuh. Langsung pada pertanyaan Anda:

1. Gejala tersebut tidak ada kaitannya dengan HIV, HIV biasanya ditandari dengan diare berulang, penurnanan berat badan, sariawan sulit sembuh. Biasanya gejala muncul setelah 1-3 bulan virus menginfeksi tubuh.

2. HIV ditularkan paling melalui hubungan sexual dan penggunaan jarum suntik bergantian. Pada kasus anda kemungkinan penularan HIV sangat kecil karena silet yang digunakan baru

3. Kemungkinan gejala itu akibat infeksi yang diakibatkan oleh luka pada kepala Anda. Infeksi dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening sehingga muncul benjolan dan pembengkakan daerah di sekitarnya.

4. Stres tidak menyebabkan hal tersebut. Biasanya penyakit akibat stres bermanifestasi sebagai nyeri dada, nyeri perut, nyeri kepala. 

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar