Sukses

Mengatasi Biang Keringat

31 Oct 2018, 14:00 WIB
Wanita, 30 tahun.

saya mau nanya anak saya kena biang keringat dari punggung blakang sampe kbagian perut dak sembuh-sembuh.Itu parah g'dok untuk prkembangannya?bagaimana cara menyembuhkannya dok?

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Biang Keringat melalui fitur Tanya Dokter

Pertama harus dipastikan apakah hal tersebut merupakan biang keringat atau bukan. Apabila benar biang keringat / miliaria dalam bahasa medis, maka anda dapat lakukan 5 hal berikut : 

1. Perhatikan bahan dan jenis pakaian

Jangan gunakan pakaian dengan bahan yang terlalu ketat atau yang tidak menyerap keringat. Pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat akan menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga merangsang produksi keringat. Jadi, pilihlah pakaian longgar yang nyaman dan terbuat dari bahan katun.

2. Pindah ke ruangan yang lebih dingin dan dengan ventilasi yang baik

Ruangan tertutup tanpa ventilasi akan mempermudah tubuh Anda untuk berkeringat. Sebaiknya ruangan memiliki ventilasi yang baik atau bila memungkinan dapat menggunakan pendingin udara.

3. Batasi aktivitas yang menguras keringat sementara waktu

Sebaiknya hindari dahulu aktivitas yang dapat menyebabkan keringat berlebih agar biang keringat tidak bertambah parah.

4. Mandi secara teratur dengan air dingin

Mandilah dua kali sehari. Bila Anda jarang mandi, keringat beserta kotoran dapat menumpuk di permukaan kulit dan risiko terjadinya sumbatan di saluran kelenjar keringat menjadi meningkat. Selain itu, biasakan untuk menggunakan air yang tidak panas, karena air yang terlalu panas akan merangsang pembuluh darah untuk melebar sehingga perpirasi meningkat.

5. Menggunakan obat oles

Anda dapat menggunakan produk bebas yang mengandung bahan untuk mendinginkan kulit, contohnya calamine. Hindari penggunaan krim yang terlalu lengket, karena justru dapat memperparah sumbatan dan membuat keringat bertambah banyak. Atau bila diperlukan, dokter Anda dapat menambahkan obat-obatan antiradang untuk membantu mengurangi gejala.

Kami sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar bisa diperiksa lanjut dan dipastikan apakah biang keringat atau bukan, sehingga pengobatannya dapat sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Biang Keringat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar