Sukses

Kejang Pada Anak

30 Oct 2018, 16:48 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat pagi dok. Saya mau tanya,keponakan saya berumur 6 tahun jalan 7 tahun dok. Sebelum dia sakit,dihari senin malam sampai selasa sore dia tidak mau makan tapi jajan jajan sembarangan dan mandi disungai waktu cuaca panas. Dan kemarin dia demam mulai hari rabu sore sampai kamis pagi panasnya mencapai 39°C. Lalu dihari kamis pagi langsung dibawa ke praktek dokter umum. Dan kata dokternya "kalo demamnya sampai 5 hari tidak turun berarti terkena tipes,ini juga si adek nafasnya sesak" begitu kata dokternya. Sampai dirumah diminumkan obat dari dokternya pracetamol,obat batuk(memang batuk juga)dan antibiotik. Dan setalah setelah keesokan harinya "Jum'at" demamnya turun,tapi pada Jum'at siang sekitar jam 12.30 keponakan saya tiba tiba saja mengalami kejang dok dan langsung dibawa ke RS. Disana dia langsung dipasang infus lalu diberi obat lewat suntikan ke infusnya. Selang beberapa menit dia muntah dok. Kata dokter jaga disana HB keponakan saya rendah hanya 11 yang katanya kalo normal itu 14. Dan di hari yang sama sekitar jam 15.00 dia kejang lagi dok,terus diberi obat anti kejang lewat infus dan diberi obat antikejang berupa sirup juga. Lalu dipasangkan selang oksigen untuk membantu pernafasannya yg sesak. Dan setalah itu demamnya naik lagi dok. Lalu diberi paracetamol dgn dosis yg ditingkatkan lagi. Setelah pindah kamar,mulai hari Sabtu demamnya berangsur angsur menurun dok dan tidak pernah kejang lagi sampai hari ini hari Selasa dan nafsu makannya pun sudah kembali normal. Pertanyaan saya dok, penyebab kejang pada keponakan saya itu apa ya dok,apa karena suplay oksigen ke otaknya itu kurang,sebab HB nya rendah dan disertai dengan sesak juga. Dan keponakan saya itu memang dari umur 3 tahun sampai sekarang 6 tahun berhenti makan sayur,apakah itu termasuk demam kejang pada anak dok? Ya meskipun jarang terjadi pada anak diusia 5 tahun keatas. Atau karena trauma otak,sebab dia waktu umur dibawah 5 tahun sering jatuh dan kelapanya kebentur dok. Mohon dijawab dok,ditunggu penjelasannya. Terimakasih dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Kejang Pada Anak.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Kejang demam terjadi umumnya sekitar usia anak 6 bulan sampai 5 tahun. Yang perlu diketahui adalah ketika anak Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah anak Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam?

Kemungkinan lain yang harus dipertimbangkan adalah gangguan listrik otak (epilepsi), gangguan metabolik atau infeksi (jika disertai tanda-tanda infeksi seperti: demam, nyeri kepala, penuruna kesadaran). Jika benar anak Anda menderita epilepsi, akan diberikan obat antiepilepsi untuk mengobati kejangnya. Namun tentu diagnosis ini perlu ditegakkan oleh seorang dokter. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter Saraf untuk keluhan anak Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Kejang Pada Anak. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar