Sukses

Hubungan intim saat haid

30 Oct 2018, 09:08 WIB
Pria, 39 tahun.

selamat sore dok. Saya mau bertanya perihal istri saya, saya baru menikah dan istri saya alhamdulilah masih perawan. Kami belum melakukan hubungan suami istri. Saat ini istri saya sedang mengalami masalah hormon yang berantakan hingga membuatnya sering keluar flek kehitaman di area V nya, saya takut jika saya berhubungan badan, maka akan mengakibatkan masalah lain. Oleh sebab itu saya menunggu hingga masalah flek ini selesai, beres, tuntas. Mens istri saya memang kadang tidak teratur, dia sering stres karena banyak pikiran urusan pekerjaannya. Kami pernah ke dokter kandungan dan istri saya diberi obat agar mensnya jadi teratur dan tidak keluar flek lagi, tapi saya malu untuk menanyakan apakah boleh berhubungan badan atau tidak. Saat ini istri saya belum mens lagi dan belum keluar flek lagi, biasanya keluar flek kira2 di pertengahan antara 2 masa mens (mens terdahulu dan mens yg akan datang). Yang ingin saya tanyakan apakah kami boleh tetap melakukan hubungan intim? terima kasih dok

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Melakukan hubungan suami istri saat menstruasi tidak akan berdampak buruk. Akan tetapi harus dipastikan sebelumnya bahwa kedua belah pihak terjamin bebas dari infeksi kemaluan. Apabila ada yang memiliki infeksi pada kemaluannya maka dengan melakukan hubungan seksual saat menstruasi akan memudahkan kuman untuk masuk ke dalam rahim, karena saat menstruasi leher rahim sedang dalam kondisi terbuka sehingga memudahkan untuk terjadinya infeksi saluran reproduksi.

Disamping itu, melakukan hubungan seksual saat menstruasi juga akan meningkatkan risiko bagi suami untuk tertular beberapa penyakit tertentu melalui darah, karena darah merupakan media yang baik bagi tumbuh dan berkembangnya kuman penyakit. Karena itu, memang disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual saat menstruasi atau flek. Atau gunakanlah kondom jika ingin melakukan hubungan seksual saat menstruasi.

Namun, jika memang sudah terjadi, dan tidak terdapat penyakit menular maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar