Sukses

Penanganan Jari Bengkak

29 Oct 2018, 12:21 WIB
Wanita, 19 tahun.

permisi dok saya mau tanya. tadi pagi jari kelingking kaki saya tidak sengaja terinjak oleh teman saya saat saya ingin melangkah, hingga terdengar suara “..kretek”. awalnya tidak sakit tapi lama kelamaan menjadi sakit dan jari tsb merah dan bengkak. skrg ini, sore, jari tsb bengkak dan berwarna biru. apakah tdk apa2? apakah itu hanya memar biasa? bagaimana cara penanganannya?? terima kasih..

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih anda telah bertanya seputar Jari Bengkak pada fitur Tanya dokter

Jari yang bengkak bisa disebabkan karena 3 hal, yaitu cedera/trauma, infeksi, atau radang sendi.Bila bengkak terjadi akibat cedera dan radang sendi, gunakan metode "RICE", yaitu:

-Rest. Istirahatkan jari yang bengkak sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.-Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. -Compression. Untuk mencegah bengkak yang berlebihan, gunakan perban elastis atau kassa steril dibalut di sekitar jari.-Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Ganjal tangan Anda (di bagian pergelangan tangan) dengan bantal agar letaknya lebih tinggi dari jantung.Anda dapat pula mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk mengurangi bengkak dan nyeri. 

Jika ini murni akibat cedera, bengkak akan menyembuh dalam waktu kurang lebih 7-10 hari.

Bila kondisi ini disebabkan oleh infeksi, Anda perlu mengonsumsi antibiotik untuk mengatasinya. 

Bila setelah melakukan cara-cara di atas tetap tidak menyembuh, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar jari bengkak. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar