Sukses

Nyeri Punggung Saat Menunduk

29 Oct 2018, 06:45 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok, sebelumnya saya mengalami keluhan jika menunduk maka seperti ada yang tertarik di dekat sendi dan terasa sakit, sudah berobat ke beberapa dokter namun tak ada hasil. Berbulan-bulan kemudian keluhan masih terasa, terus saya melakukan bulu tangkis dan cidera pada saat melakukan smash (lengan seperti tersetrum, sakit dan lemas) dan waktu tidak terasa begitu parah. Esok harinya ketika bangun tidur nyeri tidak bisa menunduk saya jadi makin parah, jika menunduk sakitnya dari sendi punggung hingga ke lengan. Lenganpun terasa sakit dan lemas gak ada tenaga, jari tangan menjadi kebas dan kesemutan, posisi berdiri tidak bisa tegak dan tidak bisa tidur berbaring dengan posisi apapun karena sendi punggung menekan area yang sakit. Ini sebenarnya kenapa ya dok? ada yang bilang ini saraf kejepit. Mohon penjelasanya dok.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kombinasi nyeri punggung saat menunduk disertai dengan adanya keluhan lengan lemas, nyeri serta jari tangan yang kesemutan kemungkinan memang berakar pada satu masalah, yakni gangguan pada saraf tulang belakang bagian leher (servikal) hingga ke dada (toraks).

Untuk menentukan apakah betul ada penjepitan saraf di area ini, umumnya diperlukan pemeriksaan lanjut seperti rontgen dan MRI tulang belakang.

Keluhan yang Anda alami semakin progresif, dan karenanya sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli saraf untuk hal ini. Perlu dilakukan evaluasi yang menyeluruh dan juga pemeriksaan penunjang untuk benar-benar mengetahui penyebabnya.

Untuk sementara ini, hindari aktivitas-aktivitas yang berat seperti bermain bulu tangkis. Lakukan peregangan tubuh yang aman untuk tulang belakang. Dan yang paling penting, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke Dokter. Saraf yang terjepit di tulang belakang dapat semakin meluas jika tak segera ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar