Sukses

Flek dan Pemakaian IUD

28 Oct 2018, 20:42 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok saya mau tanya. Saya kb IUD sudah 4 tahun. Anak saya 2. Ini waktunya mens biasanya oan banyak. Sekarang hari ke 3ngeflek sedikit terus tidak mens. Seperti biasanya. Ada apa ya dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Flek atau bercak perdarahan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, atau karena penyebab lainnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi  ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi pemeriksaan panggul.

Memang, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

  • Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit
  • Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari
  • Cairan vagina lebih banyak
  • Risiko keputihan lebih besar

Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu/Saudari dapat mengkonsultasikan untuk mengganti jenis KB.

KB IUD sendiri sangat jarang menimbulkan keganasan, meskipun sering menyebabkan infeksi jika terlambat untuk penggantian. Seringkali, keganasan yang ditemukan pada pengguna IUD merupakan penyakit tersendiri. Hasil pemeriksaan sitologis/biopsi memang dapat berubah seiring berjalannya perkembangan suatu penyakit. Untuk memastikan lagi kondisi Ibu/Saudari pada saat ini, kami sarankan Ibu/Saudari segera mengunjungi dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar