Sukses

Telapak Tangan Kaki Berkeringat dan Dishidrosis

27 Oct 2018, 06:34 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau tanya telapak tangan dan kaki saya sejak kecil selalu berkeringat dan dalam jangka waktu 6 bln/1thn sekali tangan saya selalu mengelupas ganti kulit yg tidak wajar dok gejala awalnya gatal bintik kecil sedikit bengkak dan berair lalu berubah jd ngelupasan dan susah sembuhnya dok Bagaimana ya dok cara menyembuhkannya secara total?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Telapak tangan dan kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Untuk gangguan psikis kerap terjadi karena faktor stres atau mengalami gangguan cemas. Selengkapnya bisa dibaca di sini: Apakah Saya Mengalami Gangguan Cemas?

Hingga saat ini, belum ada penanganan alami yang memberikan efek memuaskan. Bila keluhan ini sangat mengganggu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kulit terlebih dulu.

Terkait dengan gatal berair yang dialami, bisa berhubungan dengan dishidrosis atau pompholyx. Kelainan ini ditandai dengan bintil-bintil berair, transparan, dan gatal. Biasanya terjadi di jari-jari tangan dan kaki maupun area telapak.

Faktor pemicu timbulnya penyakit ini sangat beragam di setiap individu, di antaranya:

  • Dermatitis kontak (alergi pada bahan tertentu)

  • Infeksi jamur atau bakteri yang telah menyebar

  • Pemakaian obat tertentu

  • Stres emosional

  • Konsumsi makanan tertentu

  • Rokok

  • Kontrasepsi oral

  • Perubahan iklim

  • Dan berbagai sebab lainnya yang belum diketahui

Untuk mengetahui penyebab dan terapi terbaik dari kondisi Anda, lagi-lagi diperlukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis kulit.

Untuk saat ini, hindari kontak dengan bahan yang bersifat iritan. Gunakan sepatu yang berventilasi sehingga tidak lembap, dan berbahan kain. Di samping itu, jagalah kebersihan dan gunakan pelembab secara rutin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar