Sukses

Gangguan Penglihatan pada Diabetes
26 Oct 2018, 11:05 WIB
Pria, 20 tahun.

dok, saya mau nanya kebetulan ada famili saya yang terkena penyakit gula kering/diabetes kering selama 5 tahun lamanya dan saat ini masih belum sembuh malah mengalami keparahan sampai penglihatannya kabur, itu obat nya bagaimana dok atau sulusinya , terima kasih,

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sebetulnya diabetes memiliki efek pada berbagai organ tubuh termasuk mata.Bagian mata yang terkena efek kadar gula darah yang tinggi untuk waktu lama adalah retina, badan kaca, lensa, dan saraf mata.

Pada lensa dapat terjadi katarak atau kekeruhan lensa. Keluhan yang ada biasanya berupa penglihatan yang buram/kabur/berasap. Penanganan katarak adalah operasi untuk mengganti lensa mata. Operasi ini adalah operasi yang mudah, dan tidak membutuhkan pembiusan. Tekanan bola mata juga dapat meningkat, atau disebut juga Glaukoma. Penanganan hal ini adalah dengan pemberian obat tetes mata.

Efek gula darah yang tinggi pada retina adalah terhadap pembuluh-pembuluh darah kecil di sana. Pembuluh darah dapat rusak, sehingga terjadi kebocoran darah yang masuk ke dalam badan kaca. Darah yang ada akan menghalangi jalannya cahaya menuju retina. Lama kelamaan pembuluh darah yang rusak tersebut dapat menjadi jaringan ikat. Jaringan ikat yang terbentuk dapat menyebabkan retina terlepas dari bagian belakang bola mata. Keluhan yang dapat muncul adalah rasa adanya kilatan-kilatan cahaya di mata, kemudian seperti ada tirai yang menghalangi penglihatan.

Untuk memastikan kelainan apa yang anda alami pada mata anda, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata agar dokter dapat melakuan pemeriksaan pada mata anda. Jangan lupa juga untuk mengontrol gula darah anda dan rutin kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam. Mengontrol kadar gula darah, deteksi dini dan pengobatan yang tepat dapat mencegah kebutaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar