Sukses

Darah Haid Bergumpal dan Kehitaman

26 Oct 2018, 05:13 WIB
Pria, 22 tahun.

Siang dok saya mau tanya, saya pernah datang bulan beberapa bulan lalu seperti pendarahan dan mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah beku dan ada gumpalan yg berbentuk cairan kuning di lapisi darah yg terakhir keluar, dan perut terasa sangat sakit di sertai mual dan pusing yg hebat, beberapa bulan kemudian siklus haid saya menjadi tidak normal dan berwarna coklat kehitaman, sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Pada sebagian besar kasus, darah haid yang kecoklatan merupakan hal yang normal. Warna dan kekentalan darah dapat berubah sepanjang periode haid. Suatu hari, darah terlihat tipis dan encer, hari berikutnya kental hingga seperti bergumpal-gumpal. Warnanya bisa merah cerah hingga coklat, dalam jumlah yang banyak maupun sedikit.

Pada hari-hari awal haid, umumnya darah berwarna kemerahan. Mendekati akhir masa haid biasanya warna darah berubah menjadi kecoklatan hingga kehitaman. Ini merupakan perubahan yang normal dan terjadi karena darah tertahan di dalam dan tidak dikeluarkan segera dari dalam tubuh.

Perubahan pada warna dan kekentalan darah seringkali normal, tetapi ada beberapa kondisi yang mendasari perubahan ini:

  • Keguguran
  • Myoma rahim
  • Gangguan tiroid
  • Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron

Jadi, keluhan darah haid bergumpal dapat merupakan hal normal. Bila tidak disertai nyeri perut hebat dan lama haidnya tidak lebih dari 8 hari, tidak perlu ada yang Anda khawatirkan. Namun pada kasus Anda, disertai nyeri perut hebat sehingga ini perlu diperiksakan ke dokter kandungan. Dokter akan melakukan USG dan evaluasi lain yang diperlukan untuk menentukan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar