Sukses

TB Kelenjar
25 Oct 2018, 13:59 WIB
Pria, 22 tahun.

assalamualaikum dok saya mau nanya, penyakit tbc kelenjar itu bisa sembuh total enggak?dan cara lain selain minum obat 6-9 bln itu ada enggak dok? terus kalo misal gag smpai diobati apa dok dampaknya? terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai TB Kelenjar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

TBC kelenjar dapat sembuh total setelah pengobatan yang adekuat. Satu-satunya jalan adalah dengan mengonsumsi obat 6-9 bulan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk dapat kambuh kembali jika Anda terserang kuman TBC lagi. TBC bukan penyakit keturunan, tapi bisa menular. Anak dan keluarga lain yang tinggal serumah ataupun berdekatan dengan orang yang belum diobati dapat tertular kuman TBC ini. Tidak ada pantangan makanan dan minuman selama pengobatan.

 

Bila tidak diobati, berarti kuman tuberkulosis masih akan berada di tubuh Anda. Kuman ini dapat menyebar ke darah dan menyebabkan infeksi di organ-organ lain selain kelenjar, yang paling berat bisa menyebabkan meningitis TB, infeksi TB pada tulang belakang, dan penyebaran TB ke darah. Oleh sebab itu pengobatan TB sangat penting sekali dilakukan sampai tuntas.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai TB Kelenjar, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar