Sukses

Telinga Terasa Penuh

25 Oct 2018, 12:24 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam, dok.. saya mau tanya, kalau telinga terasa penuh sebelah (posisi tidur yang salah) apa boleh sengaja dimasukkan air supaya kembali normal? Sebelumnya, saya coba korek pakai cotton but.. Malah terasa makin penuh, dok. Sudah saya coba tutup hidung + tahan nafas, juga nelan air liur, tetapi tidak juga berhasil. Rencana ke dokter hari Senin (karena spesialis THT ada tanya Senin dan Rabbu), tetapi saya merasa kurang nyaman, dok. Jadi, apakah dengan memasukkan air lalu mengeluarkannya lagi adalah solusi yang tepat? Terima kasih banyak, dokter.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan telinga penuh dan terasa tersumbat seringkali dapat disebabkan karena sumbatan sekret telinga yang menumpuk. Saat telinga kemasukan air, maka sekret telinga (serumen) yang menumpuk disertai sel-sel kulit mati dapat mengembang dan memberikan rasa penuh/ bahkan rasa nyeri di dalam telinga. 

Bila awalnya telinga terasa penuh secara mendadak ketika sedang mandi/ berenang, dengan kata lain telinga terasa penuh karena kemasukan air, memasukkan air kembali dapat menurunkan tegangan permukaan dan memungkinkan airnya keluar ketika Anda memiringkan kepala kebawah. Namun bila penyebab telinga penuh bukan akibat air masuk secara mendadak, maka dikhawatirkan justru dapat menyebabkan serumen dan sel kulit mati (kotoran telinga) terus mengembang atau bahkan dapat menyebabkan infeksi.

Terlalu sering membersihkan telinga dengan cotton bud juga dikhawatirkan malah akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam, atau ada bagian dari cotton bud yang tertinggal di dalam telinga. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila memang terdapat penumpukan kotoran maka dokter THT akan membantu membersihkan dan menghialngkan gejala tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar