Sukses

Penyakit GBS
25 Oct 2018, 11:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi dok saya mau bertanya umur saya 19 tahun.. saya harap dokter dapat merespon pertanyaan saya:(( maaf dok kalau agak panjang hal ini mengenai penyakit GBS yang di diagnosis dari salah satu rumah sakit . Awalnya saya pas di kampus tidak ada tenaga untuk menulis tiba tiba dan besok nya saya merasakan sakit di kedua betis saya dan akhirnya saya seperti lumpuh, tetapi sebelum kejadian itu saya memang sering jatuh atau pun terpleset . Setelah mengalami kelumpuhan selama lebih kurang 3 bulan akhirnya saya bisa kembali berjalan .tetapi dok saya berjalan masih kaku karena tepat dibelakang lutut saya sakit kalau pas pertama berdiri pada waktu pagi hari . Dok saya merasa otot kaki saya masi lemah saya pun kalau ingin berdiri sendiri harus pegangan.. dan kalau aku naik tangga rasanya lemah sekali . Mohon dok apakah ada cara untuk menguatkan otot kaki saya yang lemahh? Dan apakah saya memang terkena penyakit GBS??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

GBS atau Guillain-Barre Syndrome adalah kelainan yang terjadi di mana sistem imunitas (pertahanan) tubuh seseorang menyerang sistem saraf perifer. Gejala pertama yang dirasakan pada kelainan ini adalah berbagai derajat rasa lemah dan kesemutan pada daerah kaki. Kemudian gejala ini akan menyebar secara progresif ke daerah lengan dan tubuh bagian atas. Gejala-gejala ini dapat meningkat dan memburuk sehingga otot-otot tak dapat digunakan sama sekali dan hampir lumpuh total. Biasanya terjadi beberapa hari atau beberapa minggu setelah pasien mengalami gejala infeksi virus pada saluran pernapasan atau pencernaan. Gejala-gejala ini dapat terjadi dalam beberapa hari dan dapat mencapai 3-4 minggu.

GBS dapat menyerang siapa saja, dan bukan suatu penyakit turunan. Insiden GBS akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Untuk memastikan apakah Anda terkena GBS atau tidak, tidak cukup hanya lewat riwayat singkat tersebut. Perlu dilakukan adanya pemeriksaan fisik lengkap dan laboratorium. Namun, kekhasan GBS adalah kelumpuhan yang gradual yang dimulai dengan adanya infeksi virus, misalnya pasca pilek atau pasca infeksi saluran cerna. Apakah Anda mengingat ada riwayat infeksi yang mendahului kelumpuhan?

Hingga saat ini tidak diketahui adanya pengobatan terhadap GBS. Namun, terapi dapat mengurangi keparahan penyakit dan meningkatkan tingkat proses penyembuhan pada pasien. Untuk mengatasi komplikasi, saat ini banyak dilakukan plasmaferesis dan terapi imunoglobolin dosis tinggi. Selama terjadinya GBS juga perlu penatalaksanaan untuk menjaga agar organ-organ tubuh yang terpengaruhi dapat terus berfungsi sampai proses penyembuhan terjadi. 

Sebelumnya, apakah Anda sudah mendapatkan terapi yang adekuat? Jika ya, seharusnya keadaannya akan membaik perlahan-lahan. Jika sudah terjadi selama tiga bulan (waktu yang cukup lama), walaupun mungkin penyakitnya telah reda, Anda perlu melakukan fisioterapi untuk berlatih menggerakkan otot-otot tubuh dan anggota geraknya.

Semakin lama otot tidak digunakan, maka massa otot tersebut akan berkurang, sehingga terlihat menjadi semakin kurus. Hindari hal ini dengan terus menerus melatih otot Anda. Memang tentunya rasanya berat dan sulit untuk bergerak menggunakan otot yang lemah, namun perlahan-lahan, dengan latihan, kekuatannya dapat kembali seperti semula. Untuk dapat mengembalikan massa otot dan dapat bergerak kembali, Anda harus rajin melakukan fisioterapi.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis rehabilitasi medik untuk memulai program fisioterapi tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar