Sukses

Donor Darah Untuk Golongan Darah AB

25 Oct 2018, 10:56 WIB
Pria, 32 tahun.

Selamat pagi dokter Salam sejahtera untuk kita semua Saya ingin bertanya, ada keponokan saya yg bergolongan darah ab, saat ini membutuhkan donor darah. Kami sudah mencari orang yg bergolongan darah ab tetapi hasilnya nilih. Sedangkan darah yg saya donorkan tidak mencukupi kebutuhan minimal yg dibutuhkan keponakan saya. Lalu pertanyaan saya adlh, sebagai jalan alternatif, golongan darah apakah yg bisa didonorkan untuk orang yg memiliki golongan darah ab. Terimaksih atas jawabannga

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menanyakan tentang golongan darah melalui fitur Tanya Dokter.

Golongan darah AB menunjukkan bahwa orang tersebut mempunyai antigen A dan antigen B di dalam tubuhnya. Secara medis, orang dengan golongan darah AB merupakan resipien universal, artinya dapat menerima transfusi darah dari orang lain yang bergolongan darah AB, maupun golongan darah A, B, atau O.

Sebaliknya orang dengan golongan darah O menunjukkan bahwa orang tersebut tidak memiliki antigen A dan antigen B. Orang dengan golongan darah O merupakan donor universal, artinya bisa mendonorkan darah kepada orang dengan golongan darah O, A, B, atau B.

Namun demikian, dalam praktiknya, untuk menghindari terjadinya reaksi akibat transfusi darah, Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan bahwa sebaiknya donor darah hanya dilakukan pada orang yang golongan darahnya sama. Misalnya orang golongan darah AB sebaiknya menerima darah dari orang yang bergolongan darah AB juga. Orang yang memiliki golongan darah O sebaiknya menerima transfusi darah dari orang golongan darah O juga. Demikian pula untuk golongan darah A dan B.

Demikian penjelasan tentang golongan darah. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar