Sukses

Menangani Kutu Air
25 Oct 2018, 10:56 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mau tanya, di jari kaki saya ada kutu air. Karna gatal jadi saya garuk dan pecah. Setelah beberapa lama kenapa bekasnya jadi berair terus dan menyebar. Dan bekasnya membesar, merah dan perih. Sudah saya oleskan salep tapi tetap basah trs dok. Mohon penjelasannya, terimakasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan di kulit (terutama telapak kaki atau tangan) dengan tampakan seperti kutu air dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, atau infeksi lain.

1. Dermatitis

merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).

2. Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)

keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembap dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan. Tinea pedis dalam bahasa awam disebut sebagai kutu air. 

Bila memang Anda mengalami jamur pada kaki (tinea pedis) maka Anda memerlukan krim antijamur. Apabila bekas tampak membesar, maka beberapa informasi harus digali, misalnya apakah area tersebut masih selalu lembab? Apakah Anda menggunakan alas kaki yang terlalu tertutup? Bila Ya, kemungkinan hal itu yang menyebabkan perluasan infeksi jamur.

Karena kemiripan berbagai jenis kelainan kulit tersebut maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Jika memang anda telah diperiksa oleh dokter dengan hasil pemeriksaan menyatakan kutu air, maka ikutilah anjuran terapi yang disarankan oleh dokter anda dengan teratur dan disiplin.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar