Sukses

Kepala Janin Belum Masuk Panggul

25 Oct 2018, 11:06 WIB
Wanita, 18 tahun.

Ini masalah adik saya,,ia hamil sudah waktu nya melahir kn tpi keadaan bayi nya tidak mau turun jdi sampai sekarang belum melahir kn,,perkiraan dari dokter tgl 17.itu gimana ya dok,???

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Pengukuran tinggi fundus pada ibu hamil berbeda-beda tergantung tinggi dan berat badan ibu, besarnya bayi, jumlah cairan ketuban, letak bayi terhadap panggul. 

Berat badan janin di usia 36 minggu, pada dasarnya sudah mencapai 2500 gram.

Pada kehamilan kedua, kepala bayi yang belum masuk panggul di minggu ke 36 masih dapat dianggap normal. Biasanya, bayi mulai masuk rongga panggul pada minggu 34-36. Namun pada bayi yang belum masuk panggul masih bisa ditunggu sampai usia kehamilan 40 minggu. Induksi dilakukan bila setelah 40 minggu belum ada tanda-tanda akan melahirkan, seperti belum ada mules atau kepala bayi belum masuk pintu panggul.

Namun kepala bayi bisa saja tidak masuk sepenuhnya ke pintu panggul, hal ini disebut dengan CPD (Cephalo-Pelvic Disproportion) atau disproporsi kepala-panggul. Faktor yang mempengaruhinya ada 3, yaitu faktor panggul ibu yang sempit, faktor kepala bayi yang besar atau ukuran bayi yang besar, dan faktor plasenta yang pendek atau letaknya menutupi jalan lahir. Untuk kasus CPD ini, tidak disarankan untuk persalinan normal karena dapat membahayakan janin dan juga ibu, maka pesalinan yang dapat dipilih adalah dengan operasi caesar.

Berdiskusilah kembali kepada dokter spOG yang telah memeriksa adik Anda, karena tentunya beliaulah yang lbh memahami kondisi adik Anda saat ini dan penanganan apa yang sebaiknya segera dilakukan.

Semoga bermanfaat,

0 Komentar

Belum ada komentar