Sukses

Flek Coklat Sebelum Haid dan Siklus Haid Memendek

25 Oct 2018, 00:34 WIB
Pria, 41 tahun.

selamat pagi dok,saya ingin mengajukan beberapa pertanyan. pertama,saya kalau haid itu dimulai dengan bercak kecoklatan,coklat tua hingga akhirnya kehitaman,ini berlangsung selama 3-4 hari dan jumlahnya sangat sedikit sekali,pada hari kelima barulah darah berwarna merah keluar,jumlahnya normal,tapi hanya berlangsung selama 2-3 hari saja.apakah ini normal? yang kedua ,sekarang siklus haid saya menjadi pendek.kalau saya haid tanggal 10 bulan januari ,maka bulan februari haid saya akan maju seminggu sebelumnya.tapi sekarang setelah bersih dari haid maka dua minggu berikutnya saya akan haid lagi.mohon penjelasannya dok.terimakasih banyak

Terimakasih telah bertanya tentang flek coklat sebelum haid menggunakan layanan Tanya Dokter

Flek-flek coklat sebelum haid dimulai bisa merupakan hal yang normal, bisa juga tidak. Yang merupakan penyebab normal pada wanita tidak hamil adalah ketidakseimbangan hormon (yang bisa disebabkan oleh penggunaan KB hormonal, kondisi perimenopause/menopause, kondisi berat badan tubuh yang terlalu berlebihan atau terlalu kurus, sedang sakit berat, atau mengalami stress psikologis/pekerjaan) dan flek pada saat ovulasi/sel telur dilepaskan (sangat normal). Flek-flek ini umumnya terjadi selama 2-4 hari dan akan menghilang dengan sendirinya. Siklus haid tetap normal dan tidak terganggu.

Pada wanita hamil, flek-flek coklat sebelum tanggal haid yang diperkirakan, merupakan tanda implantasi, yaitu ketika embrio menempel pada dinding rahim. Flek-flek ini biasanya hanya terjadi selama 1-2 hari.

Sedangkan kondisi flek-flek yang tidak normal disebabkan oleh endometriosis, sindrom ovarium polikistik, infeksi menular seksual atau kanker serviks.

Terkait kondisi Anda, apabila nantinya Anda haid di tanggal yang seharusnya, flek-flek yang dialami merupakan hal normal sehingga tidak perlu dicemaskan. Namun, bila Anda mengalami keterlambatan haid dan flek-flek tersebut muncul kembali pada siklus berikutnya, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan USG kandungan untuk mengevaluasi organ-organ kandungan Anda sehingga bisa diketahui penyebab sesungguhnya.

Dari yang Anda ceritakan, sepertinya siklus haid Anda saat ini cenderung memendek yakni kurang dari 21 hari. Ini tergolong haid tidak teratur, yang disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Menggunakan KB spiral (IUD)
  • Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
  • Olahraga yang berlebihan
  • Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Stress psikologis
  • Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
  • Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
  • Terdapat mioma dalam rahim
  • Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Tidak haid atau mengalami haid yang tidak teratur selama 1-2 kali dalam setahun biasanya bukan merupakan kelainan yang serius. Sebab, ada waktu-waktu di mana tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap perubahan hormon reproduksi.

Biasanya tidak diperlukan pengobatan kecuali terjadi berlebihan dan mengganggu Anda.

Apabila ini terjadi kembali pada bulan berikutnya, silakan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk dicari penyebab yang mendasarinya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar