Sukses

Benjolan Kronis di Selangkangan, Tumorkah?

20 Oct 2018, 21:55 WIB
Wanita, 40 tahun.

Hallo dokter..sy punya keluhan di pangkal paha kiri sy ada benjolan sebesar jari jempol..udah ada sejak sy SMA(25 thn lalu).awalnya tdk sakit. Tp tiga tahun terakhir baru berasa nyeri banget bahkan sampai ke pinggang dan telapak kaki..apalagi klo mau mau dtnv bln..yang ingin saya tanyakan adalah: a. Apakah ini termasuk kanker limfoma atau yg lainnya b. Klo periksa kedokter. Baiknya langsung ke dokter bedah atau umum terlebih dahulu . Mohon infonya..trims

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Untuk ketiga hal ini, biasanya disertai keluhan nyeri atau adanya bengkak dan kemerahan pada benjolan.

Pembesaran kelenjar getah bening yang nyeri bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual.

Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening yang tidak nyeri dapat bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenajar getah bening). Penyebab benjolan selangkangan yang juga tidak nyeri yakni lipoma atau tumor jinak jaringan lemak.

Untuk menentukan penyebab pastinya, sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter ahli penyakit dalam yang konsultan hematologi-onkologi medik (SpPD-KHOM). Anda juga bisa menemui dokter ahli bedah tumor/onkologi (SpB-Onk).

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar