Sukses

Merah-merah di Pipi Anak

20 Oct 2018, 21:39 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok. Mau tanya ni dok..anak saya umur 3 bulan. Kemarin sore ada merah merah di pipi, lalu malem nya jendol kaya digigit nyamuk dok..pagi agak kempes tapi masih keras dan merah. Kejadian ini udah 5 kali dok...dan bekasnya jadi hitam. Pertanyaan. 1. Merah merah benjol itu karena apa ya dok? 2.apakah bekas hitam dikulit dapat hilang? Makasih dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayat singkat si Kecil, kemungkinan ia mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu. Perlu dicari apa pemicunya. Alergi itu bisa terhadap debu atau tungau debu rumah, akibat gigitan serangga maupun zat-zat alergen lainnya. Kondisi ini tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Anda tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Bentol dapat muncul kembali selama pemicunya masih ada.

Kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat-obatan antialergi yang mengandung antihistamin maupun steroid. Contoh kandungannya ialah loratadine/cetirizine/CTM untuk antihistamin dan dexametason untuk steroid. Namun karena si Kecil masih bayi, penggunaan obat-obatan ini perlu dikonsultasikan dengan dokter anak terelbih dulu.

Yang terlebih penting daripada obat-obatan ini adalah menghindari apa pencetus bentol-bentol merah pada badan tersebut. Obat-obatan tersebut hanya mengobati gejala dan bukan penyebabnya.

Bila bentol ini berlanjut terus dan kambuh-kambuhan sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter anak.

Untuk menghilangkan bekasnya, Anda bisa menggunakan krim kulit anak yang mengandung zinc oxide.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar