Sukses

Jantung Berdebar Setelah Berolahraga

20 Oct 2018, 12:19 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya pekerja Kantoran yang kesehariannya duduk di depan komputer. setahun awal saya tidak sempat olahraga dan beberapa bulan ini memulai olahraga lagi (lari). Saat lari dengan kecepatan sedang jika lebih dari 3 km, pandangan kabur, pusing dan jantung berdebar ( heart rate pada smart watch tinggi (average selama lari 160 dengan Max 179), tapi setelah selesai lari, heart rate kembali normal dan biasa saja. Apakah ada yang salah dengan jantung saya ? atau penyebab lainnya ? terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar Jantung Berdebar Setelah Berolahraga menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sejak kapan keluhan jantung berdebar setelah olahraga dirasakan? Apakah selalu muncul setiap setelah berolahraga? Bagaiman jika tidak berolahraga, apakah keluhan tersebut muncul juga? Jenis olahraga apa yang Anda lakukan? Apakah sebelumnya Anda melakukan pemanasan?

Saat berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat, selain itu kerja jantung juga akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Akibatnya akan terjadi peningkatan suhu tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat (mungkin dirasakan sebagai rasa berdebar). Bila olahraga terlalu berat bisa saja terjadi keluhan sesak nafas akibat tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak.

Maka dari itu, untuk mengetahui penyebab jantung berdebar setelah olahraga yang Anda alami kami membutuhkan informasi yang lebih lengkap. Pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Selain itu, jika baru pertama kali olahraga setelah waktu lama Anda tidak berolahraga, mulailah dengan olahraga intensitas ringan kemudian bertahap ditingkatkan intensitasnya. Keram otot bisa juga terjadi akibat tidak melakukan pemanasan sebelumnya.

Jika hasil pemeriksaan normal semua, maka kemungkinan keluhan jantung berdebar, sesak nafas, dan keram otot setelah olahraga tersebut karena respons tubuh normal disertai intensitas dan pola olahraga yang masih kurang baik.

Demikian informasi seputar Jantung Berdebar Setelah Berolahraga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar