Sukses

Pengobatan Tiroid
20 Oct 2018, 11:50 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok saya sebelum di diagnosa hipertiroid oleh dokter.. dan saya di berikan obat ptu dan propanolol, setelah beberapa bulan tnpa putus mengkonsumsi itu hormon tiroid saya di katakan sudah normal.. pertanyaan saya apakah masih perlu meminum obat tersebut ketika hormon tiroid kita sudah kembali normal... Karena dokter yang menangani pnyakit saya mengatakan bahwa masih perlu minum tapi dengan dosis yang sudah di kurangin... karena di takutkan suatu waktu hormon bisa kembali tinggi..bagaimna pendapat dokter tentang hal ini..saya mohon pencerahan nya dok..thank u

Terima kasih telah bertanya seputar pengobatan tiroid menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif. Sayang Anda belum menyatakan apa penyebab hipertiroid yang Anda alami. Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

Penyakit graves (tersering)Adenoma toksik Karsinoma tiroid Gondok multinodusa toksik Tiroiditis subakut Obat (yodium, litium), dsb

Prinsip pengobatan pada pasien hipertiroidisme tergantung dari penyebab hipertiroidisme tersebut, usia pasien, riwayat alamiah perjalanan penyakit, tersedianya terapi atau tidak, risiko pengobatan, dsb.

Diperlukan diskusi dan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien agar mendapatkan hasil yang optimal. Kelompok besar pengobatan hipertiroidisme sendiri dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Obat anti tiroid minum (tirostatika)
  • Operasi (Tiroidektomi)
  • Penggunaan zat radioaktif (yodium radioaktif)

Sebaiknya ada tetap mengikuti saran dokter yang memeriksa hipertiroid Anda.

Demikian informasi seputar pengobatan tiroid yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar