Sukses

Nafas Tidak Lega dan Nyeri Dada

20 Oct 2018, 00:06 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya ada dua pertanyaan. Pertama, terkadang saya mengalami rasa seperti ada yang mengambang diantara tenggorakan bawah sampai ke arah dada, dan saat itu terjadi rasanya saat saya menghirup nafas seakan udara tidak mengisi paru-paru dengan baik. Kedua, terkadang saya juga mengalami serangan kejut seperti tiba-tiba dada terasa sakit tapi hanya berlangsung beberapa detik atau 1 menit. Terima kasih.

Terimakasih sudah bertanya melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda, izinkan kami memberikan sedikit penjelasan mengenai kondisi yang Anda alami. 

Nafas tidak lega atau sesak merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab sesak nafas beragam, yaitu:

  • Asma
  • Radang paru (pneumonia)
  • Alergi
  • Sakit jantung
  • Trauma dada
  • Gangguan lambung

Kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Apakah Anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? rasa seperti terbakar pada daerah leher? apakah Anda memiliki riwayat sakit magg? Apakah Anda memiliki kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan?

Salah satu penyebab nafas tidak lega yang cukup sering ialah dispepsia/maag atau GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu suatu keadaan yang muncul oleh karena terjadi peningkatan asam lambung yang terkadang gejala mirip dengan sakit jantung, terutama Anda merasakan nyeri pada dada kiri yang menyebar hingga ke belikat. Coba Anda lakukan beberapa modifikasi dalam hidup Anda seperti jangan dulu mengkonsumsi makanan pedas, hentikan minum soda, makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, dan hentikan dulu kopi dan teh. Coba makan tepat waktu, hindari mengkonsumsi makanan 2 jam sebelum tidur, dan memang pada kondisi GERD lebih nyaman bila tidur dengan bantal tambahan.

Bila setelah melakukan cara ini nafas Anda masih belum lega, segera periksakan diri ke dokter.

Kedua, mengenai nyeri dada yang Anda alami, sudah sejak kapan dirasakan hal itu? kemudia dada sebelah mana yg nyeri? menjalar atau tidak? faktor apa yang memperberat dan memperingan nyeri dada?

Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan setelah pada pemeriksaan tidak ada masalah dengan jantung anda.

Akan tetapi Untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

 

0 Komentar

Belum ada komentar